iklan

Sabtu, 22 Juli 2017

Teori Dalam Belajar

hai sobat semua.....
kali ini saya memposting beberapa teori belajar yang berasal dari buku Slameto tahun 2010 dengan judul belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya😍

TEORI BELAJAR

       1. Teori Belajar Menurut J. Bruner
Bruner mengungkapkan bahwa belajar tidak untuk mengubah tingkah laku seseorang, tetapi untuk mengubah kurikulum sekolah menjadi sedemikian rupa sehingga siswa dapat belajar lebih banyak dan mudah.

Bruner berpendapat bahwa alangkah baiknya bila sekolah dapat menyediakan kesempatan bagi siswa untuk maju dengan cepat sesuai dengan kemampuan siswa dalam mata pelajaran tertentu. Dalam proses belajar, Bruner mementingkan partisipasi aktif dari tiap siswa dan mengenal dengan baik adanya perbedaan kemampuan.

Menurut Bruner ada banyak hal yang dapat dipelajari oleh siswa di sekolah, dan digolongkan menjadi 3, yaitu: Enactive, iconic dan symbolic.

Dan hal yang perlu diperhatikan guru ada 4 macam, yaitu:
a)      Mengusahakan agar setiap siswa berpartisipasi aktif, minatnya perlu ditingkatkan, kemudian dibimbing untuk mencapai tujuan tertentu
b)      Menganalisis structur materi yang akan diajarkan, dan jika perlu disajikan secara sederhana sehingga mudah dimengerti oleh siswa
c)      Menganalisis sequence, guru mengajar berarti membimbing siswa melalui urutan pertanyaan-pertanyaan dari suatu masalah, sehingga siswa memperoleh pengertian dan dapat mentransfer apa yang sedang dipelajari
d)     Memberi reinforcement dan umpan balik (feed-back). Penguatan yang optimal terjadi pada waktu siswa mengetahui bahwa ia menemukan jawaban nya.

      2.  Teori Belajar Menurut Piaget
Piaget mempunyai 5 pendapat mengenai perkembangan proses belajar pada anak, yaitu:
a)      Anak mempunyai struktur mental yang berbeda dengan orang dewasa
b)      Perkembangan mental pada anak melalui tahap-tahap tertentu menurut suatu urutan yang sama bagi semua anak.
c)      Walaupun berlansungnya tahap-tahap perkembangan itu melalui suatu urutan tertentu, tetapi jangka waktu untuk berlatih dari satu tahap ketahap yang lain tidaklah selalu sama pada setiap anak
d)     Perkembangan mental anak dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu: kemasakan, pengalaman, interaksi sosial dan equilibration.
e)      Tahapan perkebangan anak ada tiga, yaitu:
·         Berpikir secara intuitif ± 4 tahun
·         Beroperasi secara konkret ± 7 tahun
·         Beroperasi secara formal ± 11 tahun

   3.  Teori Belajar Menurut Gestalt
Teori ini dikemukakan oleh Kofka dan Kohler dari Jerman. Hukum yang beralaku pada pengamatan adalah sama dengan hukum dalam belajar, yaitu:
a.       Gestalt mempunyai sesuatu yang melebihi jumlah unsur-unsurnya.
b.      Gestalt timbul terlebih dahulu daripada bagian-bagiannya.
Beajar yang penting bukan mengulangi hal-hal yang harus dipelajari, tetapi mengerti atau memperoleh insight. Sifat-sifat belajar insight adalah:
a.       Insight tergantung dari kemampuan dasar
b.      Insight tergantung dari pengalaman masa lampau yang relevan
c.       Insight hanya timbul apabila situasi belajar diatur sedemikian rupa, sehingga segala aspek yang diperlukan diamati
d.      Insight adalah hal yang harus dicari
e.       Belajar dengan Insight dapat diulangi
f.       Insight sekali dapat digunakan untuk menghadapi situasi-situasi yang baru
Prinsip belajar menurut teori Gestalt:
a.       Belajar berdasarkan keseluruhan
b.      Belajar adalah suatu proses perkembangan
c.       Siswa sebagai organisme keseluruhan
d.      Terjadi transfer
e.       Belajar adalah reorganisasi pengalaman
f.       Belajar harus dengan insight
g.      Belajar lebih berhasil bila berhubungan dengan minat, keinginan dan tujuan siswa
h.      Belajar berlansung terus menerus

   4.  Teori Belajar Menurut R. Gagne
Dalam masalah belajar, Gagne memberikan dua definisi, yaitu:
1)      Belajar ialah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan dan tingkah laku
2)      Belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dari instruksi

Gagne mengatakan bahwa segala sesuatu yang dipelajari oleh manusia dapat dibagi menjadi 5 kategori yang disebut “the domains of learning”, yaitu:
a.       Keterampilan motoris (motor skill)
b.      Informasi verbal
c.       Kemampuan intelektual
d.      Strategi kognitif
e.       Sikap

masing-masing dari teori tersebut dapat dilakukan penggabungan untuk diterapkan disekolah atau dalam kehidupan sehari. Hal ini dikarenakan belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat😛😛😛 tinggalkan pesan sobat di kolom komentar ya.....


1 komentar:

  1. saya harap postingan saya ini dapat membantu teman-teman yang sedang belajar

    BalasHapus

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...