iklan

Minggu, 23 Juli 2017

>>Hukum Archimedes

Hai sobat DP (Dunia Pendidikan) sekalian...πŸ™†πŸ™†πŸ™†. Saya mau nyapa lagi nich dengan postingan terbaru!

Setelah sebelumnya kita membahas tentang LKPD tekanan, maka pada postingan kali ini merupakan kelanjutannyaπŸ˜‹. Jadi kayak sinetron gitu sobat DP, ada episode-nyaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Jadi ini merupakan episode ke dua dari LKPD.. Jreng jreng jreng.... ini dia LKPDnya!


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) 2

Nama sekolah    : 
Kelas / Semester: 
Mata pelajaran   : 
Materi                :  
Kelompok         :
Anggota:
  1)
  2)
  3) 
  4)
  5)
  

A. Tujuan
1. Membuktikan adanya hukum Archimedes
2. Merumuskan hukum Archimedes
3. Memanfaatkan hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari

B. Hipotesis
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

C. Alat dan Bahan 
1. Air 
2. Garam sebanyak ½ kg (garam biasa)
3. Botol Aqua besar sebanyak 3 botol
4. Telur yang belum direbus 3 butir
5. Telur yang sudah direbus 3 butir
6. Sendok 
7. Penggaris
8. Pisau/cutter
9. Spidol 
10. Timbangan kecil (timbangan kue)

D. Prosedur Kerja
1. Ukurlah botol (dimulai dari pantat botol) setinggi 15 cm. Tandai, dan kemudian potong botol menjadi dua bagian di tanda tersebut. Perlakukan hal yang sama pada kedua botol lainnya.
2. Berilah tanda pada setiap botol masing-masing angka 1, 2 dan 3
3. Letakkan botol tersebut secara sejajar.
4. Kemudian masing-masing botol diberi air setinggi 12 cm. 
5. Lalu masukkan masing-masing satu telur yang belum direbus kedalam tiga botol tersebut.
6. Amati apa yang terjadi pada telur yang ada pada ketiga botol tersebut. Setelah itu sisihkan terlebih dahulu botol 1. 
7. Selanjutnya pada botol dua masukkan garam (takaran garam dapat dilihat pada tabel pengamatan) dan aduk perlahan-lahan sampai merata. Amati keadaan yang terjadi pada telur tersebut. Sebaiknya telur diangkat terlebih dahulu agar tidak pecah pada saat mengaduk air.
8. Masukkan lagi garam dan aduk secara perlahan-lahan sampai merata. Amati keadaan yang terjadi pada telur tersebut. Apabila tersebut masih seperti telur pada botol nomor satu, kembali masukkan garam dan aduk.
9. Lakukan seterusnya sampai mendapatkan keadaan telur yang berbeda dengan botol satu. Yaitu, posisi telur berada ditengah-tengah botol.
10. Kemudian sisihkan botol dua. Catatlah hasil pengamatan dan proses yang telah dilakukan pada tabel pengamatan untuk mempermudah anda memahaminya.
11. Kemudian lakukan hal yang sama pada botol 3 masukkan garam sesuai takaran dimulai dari awal seperti yang dilakukan pada botol dua.
12. Lakukan terus sampai telur dapat terlihat (muncul) di atas permukaan air.
13. Kemudian catatlah hasil pengamatan dan proses yang telah dilakukan pada botol tiga kedalam tabel pengamatan untuk mempermudah anda memahaminya.
14. Kemudian letakkan secara sejajar ketiga botol tersebut. Amati perbedaan keadaan ketiga telur tersebut.
15. Setelah selesai dengan telur yang belum direbus, lanjutkan dengan telur yang sudah direbus.
16. Angkat ketiga telur yang belum direbus dari dalam botol, kemudian masukkan telur yang sudah direbus kedalam air pada botol 1, 2 dan 3. Masing-masing satu telur tiap botol.
17. Amati apa yang terjadi pada telur yang sudah direbus, dalam ketiga botol tersebut.
18. Kemudian catatlah hasil pengamatanmu pada tabel pengamatan.

Tabel hasil pengamatan
Telur
Ketinggian Air (cm)
Banyaknya garam (g)
Peristiwa yang terjadi
Tidak direbus

-
Tidak direbus

10 gram
Tidak direbus

20 gram
Tidak direbus

30 gram
Tidak direbus

40 gram
Tidak direbus

50 gram
Tidak direbus

60 gram
Tidak direbus

70 gram

Tidak direbus

80 gram

Tidak direbus

90 gram

Direbus

-
Direbus

10 gram
Direbus

20 gram
Direbus

30 gram
Direbus

40 gram
Direbus

50 gram
Direbus

60 gram
Direbus

70 gram

Direbus

80 gram

Direbus

90 gram


E. Kesimpulan
Simpulkanlah apa yang terjadi pada percobaan tersebut secara rinci dan jelas!
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

F. Pertanyaan
1. Apa yang dimaksud dengan kondisi tenggelam, melayang dan terapung?
Jawab:.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Apa pengaruh air garam terhadap kondisi telur?
Jawab:.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3. Sebutkan benda yang menggunakan Hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4. Apa manfaat hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Buat sobat DP semua dapat memodifikasi LKPD ini sesuai kebutuhan masing-masing sehingga penggunaannya lebih cocok dan tingkat kesulitannya pun bisa lebih cucokπŸ˜‚πŸ˜‚

Semoga Bermanfaat ya Sobat DP, silahkan yang gak jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Silahkan kirimkan kritik dan saran Sobat DP sekalian..πŸ˜—πŸ˜—

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...