Bagi Sobat DP (Dunia Pendidikan) yang lagi kebingungan mau buat perangkat pembelajaran RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Saya akan bagikan referensinya. Untuk kali ini, saya akan bagikan Referensi RPP Tekanan (Ini ada di BAB fluida statis). Referensi RPP yang saya bagikan ini berdasarkan kurikulum 2013.
Jadi Sobat semua, saya buat RPP ini berepisode gitu sobat, kayak sinetron indonesia. bair ada penasarannya...😁😂😂😂😂😝😝
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Kelas/ semester:
Mata Pelajaran : Fisika
BAB : Fluida Statis
Sub bab : Tekanan
Alokasi waktu : 3 x 45 Menit
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
3.7 Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah.
4.7 Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
INDIKATOR
1.1.1 Mengagumi rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang berhubungan dengan tekanan yang ada dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, bertanggung jawab, kritis dan peduli lingkungan
3.7.1 Menyebutkan pengertian tekanan
3.7.2 Menyebutkan contoh tekanan dalam kehidupan sehari-hari
3.7.3 Menerapkan rumus tekanan dalam kehidupan sehari-hari
4.7.1 Melakukan percobaan tekanan
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melalui proses belajar mengamat, menanya, berdiskusi, melaksanakan percobaan, mengasosiasi dan mengkomunikasikan siswa dapat:
1. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengembangkan sikap objektif, jujur dan bertanggung jawab
3. Mengembangkan karakter siswa tentang rasa ingin tahu, teliti dan kritis
4. Menganalisis tentang besaran fisika pada materi Tekanan
5. Menerapkan rumus tekanan dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari
6. Melakukan praktikum tekanan
7. Mengolah, menalar dan menyajikan data hasil eksperimen yang telah dilakukan
MATERI AJAR
Fluida Statik: Tekanan
Tekanan didefinisikan sebagai kekuatan atau gaya dalam arah tegak lurus yang mengenai permukaan suatu benda. Persamaan untuk tekanan dapat ditulis:
Tekanan = gaya/luas atau P = F/A
Persamaan tersebut menyatakan bahwa tekanan berbanding terbalik dengan luas bidang dan sebanding dengan gaya.
Satuan dan dimensi tekanan
Satuan SI untuk gaya adalah N dan luas adalah m2, sehingga satuan tekanan dapat diperoleh sebagai berikut:
Tekanan = (satuan gaya)/(satuan luas) = N/m^2 atau kg/ms-2
Contoh tekanan adalah alas sepatu menekan pada saat berjalan, alas sepatu ski memberikan tekanan pada es. Alas sepatu hak tinggi memberikan tekanan pada saat berjalan. Paku yang ditancapkan pada dinding memberikan tekanan pada permukaan dinding.
Pengertian tekanan Hidrostatik
Tekanan zat cair yang hanya disebabkan oleh beratnya disebut dengan tekanan hidrostatik. Persamaan untuk tekanan hidrostatik dapat ditulis sebagai berikut:
berat zat cair dalam bejana:
F = m x g
F = ρ x A x h x g
Tekanan zat cair di sembarang titik pada luas bidang adalah:
P = F/A_2 = (ρ x A x h x g)/A = ρ x g x h
Jadi, tekanan hdrostatik zat cair (Ph) dengan massa jenis ρ pada kedalam h dinyatakan dengan persamaan berikut:
Ph = ρ x g x h
Keterangan: p : Tekanan hidrostatis (N/m2)
ρ : Massa jenis (kg/m3)
g : percepatan gravitasi (m/det2)
h : kedalaman/ketinggian (m)
METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
Metode : Ceramah, Inkuiri, Eksperimen, Diskusi, Tanya Jawab dan Penugasan
INSTRUMENT PENILAIAN
Observasi
Pengetahuan
Bentuk Tes: Tertulis
Soal Pilihan Ganda
Soal Uraian
Soal Menjodohkan
Pekerjaan Rumah (PR)
Bentuk Penilaian
Lembar Penilaian Soal
Sikap
Bentuk Tes: Tertulis
Angket Pernyataan Sikap
Penilaian Diri Sendiri
Penilaian Antar Teman
Bentuk Penilaian
Lembar Penilaian Angket
Keterampilan
Bentuk Tes Tertulis
Portofolio tertulis individu
Bentuk Tes Praktek
Praktikum dan pengisian LKPD
Bentuk Penilaian
Lembar Penilaian LKPD
Kelompok
Pribadi
Lembar Penilaian Diskusi
Kelompok
Pribadi
MEDIA,ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media
LKPD, Power point, Gambar/ Foto/ Video tentang materi tekanan
Alat dan Bahan
Air satu botol aqua besar (ukuran 1500 ml)
Minyak goreng satu aqua besar (ukuran 1500 ml)
Botol air mineral ukuran besar (ukuran 1500 ml sebanyak 2 botol)
Baskom ukuran besar
Lakban
Penggaris
Spidol
Paku
Lilin
Korek api
Sumber Belajar
Fatimah, Safitri dan Safitri Irma. 2013. FISIKA untuk SMA/MA kelas X. Sidoarjo. Masmedia.
Kanginan, Marthen. 2013. Fisika untuk SMA/MA kelas X. Erlangga.
Sitorus, Ronald H dan Anisya, Desi. 2005. Ringkasan Fisika untuk SMA/MA. Yrama Widya. Bandung.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
![]() ![]() ![]() ![]()
Apa yang perlu dilkukan agar paku bisa menancap di
dinding?
![]()
Guru
memberikan contoh benda runcing dan tidak runcing pada saat ditancapkan ke
meja
![]() ![]() ![]() |
|
B.
Kegiatan Inti
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
115 Menit
|
C.
Penutup
![]() ![]() ![]() ![]() |
Daerah sekolah…....................……… 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Fisika
............................................ .....................................
NIP: NIM:
Untuk sobat yang masih bingung, bisa tanyakan di kolom komentar ya .......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar