iklan

Minggu, 23 Juli 2017

Aktifitas Siswa

Setelah sebelumnya saya posting lembar aktifitas penilaian guru, sekarang saya akan kasih referensi buat sobat DP semua tentang lembar penilaian aktifitas siswa/peserta didik.

Karena kedua lembar tersebut saling berkaitan satu sama lain ibarat surat dan perangkoπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. kedua lembar tersebut tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa yang sedang penelitian saja, tetapi juga dapat dipakai oleh guru. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas mengajar guru itu sendiri.


LEMBAR PENGAMATAN AKTIFITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENILAIAN OTENTIK

Nama Sekolah   :
Kelas / Semester:
Hari / Tanggal    :
Subbab               :
Pertemuan          :

A. Pengantar
Kegiatan observasi yang dilakukan bertujuan untuk mengamati kegiatan pembelajaran menggunakan penilaian otentik. Dalam kegiatan ini yang diperhatikan adalah kegiatan/aktivitas peserta didik dan dan guru dalam proses belajar mengajar, bukan keterampilan guru atau kualitas guru dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran.

B. Petunjuk
Beri tanda ceklist (√) pada kolom nilai yang sesuai menurut penilaian dari yang Bapak/Ibu perhatikan:

1 = Kurang Baik (apabila peserta didik tidak melaksanakan aktifitas/ mendengarkan petunjuk yang diberikan oleh guru hal yang tertera pada lembar pengamatan tersebut)

2 = Cukup Baik (apabila sebagian peserta didik mendengarkan dan melaksanakan aktifitas yang tertera pada lembar pengamatan tapi tidak sesuai dengan yang diminta/ diberi petunjuk oleh guru)  

3 = Baik (apabila semua peserta didik mendengarkan dan melaksanakan aktifitas yang tertera pada lembar pengamatan namun tidak sesuai dengan yang diminta/ diberi petunjuk oleh guru)

4 = Sangat Baik (apabila semua peserta didik mendengarkan dan melaksanakan aktifitas yang tertera pada lembar pengamatan dan sesuai dengan yang diminta/ diberi petunjuk oleh guru)

C. Lembar Pengamatan
TAHAP
KEGIATAN PESERTA DIDIK YANG DIAMATI
PENILAIAN
1
2
3
4
Kegiatan Awal
1.     Peserta didik menjawab salam dan berdoa sebelum memulai belajar




2.     Peserta didik menerima dan menjawab pre-test / postes yang diberikan oleh guru




3.     Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru




4.     Peserta didik mendengarkan dan menjawab apersepsi yang diberikan oleh guru




Fase I
Membuat Kelompok
1.     Peserta didik duduk kedalam 5 kelompok yang telah dibagikan oleh guru




2.     Setiap kelompok menerima LKPD yang diberikan oleh guru




3.     Peserta didik mengumpulkan dan menyiapkan perlengkapan untuk praktikum di atas meja




4.     Peserta didik bertanya tentang prosedur  LKPD/Bacaan




Fase II
Membuat Hipotesis
1.     Peserta didik berkonsultasi dengan guru dalam membuat hipotesis




2.     Peserta didik mendapat bantuan guru dalam menentukan hipotesis yang relevan




Fase III
Merancang Percobaan
1.     Peserta didik merancang alat dan melakukan percobaan




2.     Kelompok  bertanya  proses praktikum yang belum dimengerti kepada guru




3.     Peserta didik dan kelompok mendapat penilaian dari guru




Fase IV
Melakukan Percobaan
1.     Peserta didik di bantu guru mendapatkan informasi dari percobaan/Bacaan




2.     Peserta didik di bantu guru mengumpulkan data hasil percobaan




Fase VI
Menganalisis Data
1.     Setiap kelompok menganalisis data dan membuat kesimpulan




2.     Peserta didik menjawab soal yang ada pada LKPD




Fase VII
Diskusi
1.     Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok




2.     Setiap kelompok dan peserta didik mendapatkan penilaian dari guru




3.     Peserta didik bertanya, menanggapi atau menambahkan kepada kelompok penyaji




4.     Peserta didik yang bertanya, menanggapi atau menambahkan mendapatkan penilaian dari guru




5.     Peserta didik yang menjawab pertanyaan mendapatkan penilaian dari guru




Penutup
1.     Peserta didik memaparkan manfaat yang diperoleh pada percobaan kali ini




2.     Peserta didik dibantu guru menarik kesimpulan akhir




3.     Peserta didik mendengarkan instruksi guru tentang materi pelajaran dan tugas selanjutnya




4.     Peserta didik mendengarkan pesan moral dan menjawab salam







Nama sekolah
Daerah sekolah,..............2016



.........................................
(Observer)

Buat Sobat DP yang mau lihat Lembar Observasi Guru, silahkan kunjungi
https://coretananakpendidikan.blogspot.com

Terimakasih atas kunjungannya..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...