Setelah sebelumnya saya posting lembar aktifitas penilaian guru, sekarang saya akan kasih referensi buat sobat DP semua tentang lembar penilaian aktifitas siswa/peserta didik.
Karena kedua lembar tersebut saling berkaitan satu sama lain ibarat surat dan perangkoππππ. kedua lembar tersebut tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa yang sedang penelitian saja, tetapi juga dapat dipakai oleh guru. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas mengajar guru itu sendiri.
LEMBAR PENGAMATAN AKTIFITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENILAIAN OTENTIK
Nama Sekolah :
Kelas / Semester:
Hari / Tanggal :
Subbab :
Pertemuan :
A. Pengantar
Kegiatan observasi yang dilakukan bertujuan untuk mengamati kegiatan pembelajaran menggunakan penilaian otentik. Dalam kegiatan ini yang diperhatikan adalah kegiatan/aktivitas peserta didik dan dan guru dalam proses belajar mengajar, bukan keterampilan guru atau kualitas guru dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran.
B. Petunjuk
Beri tanda ceklist (√) pada kolom nilai yang sesuai menurut penilaian dari yang Bapak/Ibu perhatikan:
1 = Kurang Baik (apabila peserta didik tidak melaksanakan aktifitas/ mendengarkan petunjuk yang diberikan oleh guru hal yang tertera pada lembar pengamatan tersebut)
2 = Cukup Baik (apabila sebagian peserta didik mendengarkan dan melaksanakan aktifitas yang tertera pada lembar pengamatan tapi tidak sesuai dengan yang diminta/ diberi petunjuk oleh guru)
3 = Baik (apabila semua peserta didik mendengarkan dan melaksanakan aktifitas yang tertera pada lembar pengamatan namun tidak sesuai dengan yang diminta/ diberi petunjuk oleh guru)
4 = Sangat Baik (apabila semua peserta didik mendengarkan dan melaksanakan aktifitas yang tertera pada lembar pengamatan dan sesuai dengan yang diminta/ diberi petunjuk oleh guru)
C. Lembar Pengamatan
TAHAP
|
KEGIATAN PESERTA DIDIK YANG DIAMATI
|
PENILAIAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik
menjawab salam dan berdoa sebelum memulai belajar
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
menerima dan menjawab pre-test / postes yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
|
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
mendengarkan dan menjawab apersepsi yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
|
Fase I
Membuat
Kelompok
|
1.
Peserta didik duduk
kedalam 5 kelompok yang telah dibagikan oleh guru
|
|
|
|
|
2.
Setiap kelompok
menerima LKPD yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
mengumpulkan dan menyiapkan perlengkapan untuk praktikum di atas meja
|
|
|
|
|
|
4. Peserta didik bertanya tentang
prosedur LKPD/Bacaan
|
|
|
|
|
|
Fase II
Membuat
Hipotesis
|
1.
Peserta didik
berkonsultasi dengan guru dalam membuat hipotesis
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik mendapat
bantuan guru dalam menentukan hipotesis yang relevan
|
|
|
|
|
|
Fase III
Merancang
Percobaan
|
1. Peserta didik merancang alat dan
melakukan percobaan
|
|
|
|
|
2.
Kelompok bertanya proses praktikum yang belum dimengerti
kepada guru
|
|
|
|
|
|
3. Peserta didik dan kelompok mendapat
penilaian dari guru
|
|
|
|
|
|
Fase IV
Melakukan
Percobaan
|
1.
Peserta didik di
bantu guru mendapatkan informasi dari percobaan/Bacaan
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik di
bantu guru mengumpulkan data hasil percobaan
|
|
|
|
|
|
Fase VI
Menganalisis
Data
|
1.
Setiap kelompok
menganalisis data dan membuat kesimpulan
|
|
|
|
|
2. Peserta didik menjawab soal yang ada
pada LKPD
|
|
|
|
|
|
Fase VII
Diskusi
|
1.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
|
|
|
|
2.
Setiap kelompok
dan peserta didik mendapatkan penilaian dari guru
|
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
bertanya, menanggapi atau menambahkan kepada kelompok penyaji
|
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
yang bertanya, menanggapi atau menambahkan mendapatkan penilaian dari guru
|
|
|
|
|
|
5.
Peserta didik
yang menjawab pertanyaan mendapatkan penilaian dari guru
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
1.
Peserta didik memaparkan
manfaat yang diperoleh pada percobaan kali ini
|
|
|
|
|
2. Peserta didik dibantu guru menarik
kesimpulan akhir
|
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik mendengarkan
instruksi guru tentang materi pelajaran dan tugas selanjutnya
|
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
mendengarkan pesan moral dan menjawab salam
|
|
|
|
|
Nama sekolah
Daerah sekolah,..............2016
.........................................
(Observer)
Buat Sobat DP yang mau lihat Lembar Observasi Guru, silahkan kunjungi
https://coretananakpendidikan.blogspot.com
Terimakasih atas kunjungannya..πππππ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar