Hai sobat DP (Dunia Pendidikan) Semuanya!
Gimana nich kabarnya hari ini, ....
Kali ini, saya bakal kasih artikel buat sobat DP yang lagi bingung buat cari referensi tentang alat Peraga dan alat laboratorium.....
jadi buat Sobat DP semua, yuk ikutin terus Blog: https://coretananakpendidikan.blogspot.com
di Blog saya ini, sobat dapat menemukan banyak referensi yang bisa sobat pakai untuk kebutuhan pendidikan sobat.
So.. Don't be shy...πππππ
ALAT PERAGA
Menurut Abdullah, 2011 : 42, Alat peraga adalah media fisik pendidikan yang digunakan untuk
menyampaikan isi materi pengajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk
belajar.
Nah, sobat DP Alat peraga dapat digunakan pada materi yang
bersifat abstrak atau kurang jelas sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian serta minat para peserta didik untuk memahami konsep secara lebih
mendalam. pemahaman konsep yang dipelajari oleh peserta didik harus diawasi oleh guru, hal ini dikarenakan agar tidak terjadinya miskonsepsi. Selain itu, penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar juga
dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga peserta didik
akan fokus pada pelajaran yang diajarkan.
Kenapa penggunaan alat peraga itu dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan??π±π±π±π±π±
hal ini dikarenakan, selama ini proses belajar mengajar hanya dilakukan dengan cara 3D alias DUDUK, DIAM, DENGAR. proses belajar ini tidak ada pergerakan, tidak ada obrol mengobrol dengan teman, tidak ada kompromi bergerak, tidak ada isi jawaban yang mengasah otak dan melihat dengan ketajaman mata, pokonya banyak tidak adanya deh Sobat DPπππππππ
dan ending kata peserta didik bosanππππ dan malah asik sendiri, malah ni yang duduk semeja berdua, asik berduaanππππ±
Menurut Hartati (2010 : 10) menjelaskan bahwa
alat peraga berfungsi sebagai penunjang terselenggaranya proses pembelajaran
yang menyenangkan. Selain itu, penggunaan alat peraga mempunyai nilai-nilai
untuk meletakkan dasar-dasar yang nyata dalam berpikir, mengurangi terjadinya
verbalisme, memperbesar minat dan perhatian peserta didik untuk belajar,
meletakkan dasar perkembangan belajar agar hasil belajar bertambah mantap.
Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga disebut juga pembelajaran dengan
menggunakan model contoh, atau alat simulasi.
Kalau Sudjana (2007 : 185) menyatakan bahwa
pembelajaran yang menggunakan fasilitas model, contoh atau alat simulasi
berguna untuk menunjukkan bagaimana wujud sesuatu yang sesungguhnya dan
bagaimana cara kerjanya, serta apa-apa saja bagiannya. Menampilkan alat peraga
sebagai sebuah simulasi berarti memberikan porsi yang lebih besar pada
pengamatan yang dilakukan oleh perserta didik.
Kalau selama ini porsi yang lebih besar kan dimakan sama pendengaran ya Sobat DP?ππ
Nah... Dengan adanya pengamatan secara
lansung, maka peserta didik akan termotivasi dalam belajar. Hal ini
dikarenakan, pembelajaran lansung dan pengamatan lansung lebih menyenangkan
dalam belajar jika dibandingkan hanya dengan penjelasan yang diberikan oleh
guru. selain itu, peserta didik dapat bergerak kesana-kemari, berkonsultasi, tukar pendapat, mendengarkan pendapat orang lain, mengambil keputusan dan pokoknya masih banyak lagi hal yang bisa didapatkan dengan belajar menggunakan alat.
Ibarat cerita nich sobat DP sekali mendayung 23 pulau terlampauiπππππππππ
ALAT LABORATORIUM
Sekarang, kita akan bahas alat laboratorium. Nah, Sobat DP Alat laboratorium ini merupakan pasangannya laboratorium. Ibarat kalau rumah itu, ini perabotannya. Kalau adanya toko, berarti anda jualanπππ
Alat laboratorium
merupakan alat khusus yang dibuat untuk melengkapi praktikum di laboratorium.
Alat laboratorium bisa digunakan berkali-kali dalam percobaan dan mempunyai
fungsi yang sama dengan alat peraga, yaitu untuk mempermudah memahami konsep
dalam proses belajar mengajar. Namun, alat laboratorium sedikit lebih rumit
daripada alat peraga. selain itu, ada beberapa alat laboratorium yang dapat dimodifikasi dengan alat laboratorium lainnya. Bisa dikatakan terkadang satu alat bisa digunakan untuk beberapa percobaan yang berhubungan. terkadang yang tidak berhubungan pun dijodohkanππππ
Menurut Husein
(2013 : 8) nich sobat DP, peralatan merupakan suatu bagian yang mendasari dalam pembentukan
laboratorium, baik itu laboratorium yang sederhana (praktikum) maupun untuk
tujuan penelitian (laboratorium penelitian). Bila tidak ada alat di dalam
laboratorium, maka laboratorium tidak dapat berfungsi, hal ini dikarenakan
laboratorium dan alat laboratorium merupakan satu kesatuan yang tidak dapat
dipisahkan. Nah benarkan Sobat DP, Alat laboratorium dan laboratorium itu ibarat surat dan perangko, surat gak berfungsi kalu gak ada perangko. π
Alat-alat laboratorium ini sobat DP, disesuaikan dengan materi-materi pelajaran yang ada disekolah, materi tersebut
mulai dari kelas 1, 2 dan 3. Dengan demikian setiap kelas dan setiap pokok
bahasan peseserta didik dapat melakukan praktikum. Kalau gurunya kasih ya peserta didik..!ππ✌
Di laboratorium ada berbagai macam jenis
alat.
Nah, apapun alatnya yang digunakan dalam pendidikan itu sangat besar pengaruhnya terhadap proses belajar mengajar, baik dari segi pemahaman, kesenangan belajar, dan yang paling jelas adalah membakitkan motivasi dan Mood belajar peserta didik yang gado-gado!
Samana (2001 : 21) mengatakan, Alat bantu pendidikan adalah
alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pengajaran. Selain
itu, penggunaan kedua alat tersebut dapat menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan. Hal ini dikarenakan peserta didik dapat melihat lansung atau
dapat melakukan secara lansung materi yang sedang dipelajari.
Berikut persamaan dan Perbedaan kedua alat yang berfungsi untuk membantu proses belajar!
PERBEDAAN SERTA PERSAMAAN
ALAT PERAGA DAN ALAT LABORATORIUM
No
|
Perbedaan
|
Persamaan
|
||
Alat
Peraga
|
Alat
Laboratorium
|
Alat
Peraga
|
Alat
Laboratorium
|
|
1
|
Lebih
mudah didapat
|
Sulit
didapatkan
|
Sama-sama digunakan untuk
mempermudah/menunjang proses belajar
mengajar agar materi yang diajarkan dapat dipahami dan di praktikumkan
sendiri oleh peserta didik.
|
|
2
|
Ada
meski tidak ada laboratorium
|
Ada jika
ada laboratorium
|
||
3
|
Lebih
praktis
|
Tidak
praktis
|
||
4
|
Peserta
didik sudah mengenal alat yang digunakan karena ada dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tidak
semua peserta didik kenal dengan alat yang digunakan
|
||
5
|
Bisa
digunakan diluar ruangan
|
Tidak
bisa digunakan diluar ruangan
|
||
6
|
Alat
biasanya hanya digunakan untuk sekali pakai
|
Alat
dapat dipakai berulang-ulang
|
||
7
|
Tidak
perlu khawatir alat rusak pada saat percobaan
|
Harus
mengkhawatirkan alat takut rusak selama percobaan
|
||
8.
|
|
|
Sebenarnya nich Sobat DP, pemeran utamanya adalah GURU, bila guru malas laboratorium lengkap juga tidak akan terpakai. Namun bila guru tidak malas dan kreatif, tanpa laboratoriumpun, pembelajaran akan tetap menyenagkan dengan alat peraga.
Semua yang pekerjaan yang kita cintai dan melakukannya dengan keiklasan hati, pasti lebih baik.
ππππ
Thanks
BalasHapusinformasi yang membantu
BalasHapus