iklan

Senin, 24 Juli 2017

Alat Peraga dan Alat Laboratorium

Hai sobat DP (Dunia Pendidikan) Semuanya!
Gimana nich kabarnya hari ini, ....

Kali ini, saya bakal kasih artikel buat sobat DP yang lagi bingung buat cari referensi tentang alat Peraga dan alat laboratorium.....
jadi buat Sobat DP semua, yuk ikutin terus Blog: https://coretananakpendidikan.blogspot.com
di Blog saya ini, sobat dapat menemukan banyak referensi yang bisa sobat pakai untuk kebutuhan pendidikan sobat.

So.. Don't be shy...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

ALAT PERAGA
Menurut Abdullah, 2011 : 42, Alat peraga adalah media fisik pendidikan yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk belajar. 

Nah, sobat DP Alat peraga dapat digunakan pada materi yang bersifat abstrak atau kurang jelas sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta minat para peserta didik untuk memahami konsep secara lebih mendalam. pemahaman konsep yang dipelajari oleh peserta didik harus diawasi oleh guru, hal ini dikarenakan agar tidak terjadinya miskonsepsi. Selain itu, penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga peserta didik akan fokus pada pelajaran yang diajarkan.

Kenapa penggunaan alat peraga itu dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan??😱😱😱😱😱
hal ini dikarenakan, selama ini proses belajar mengajar hanya dilakukan dengan cara 3D alias DUDUK, DIAM, DENGAR. proses belajar ini tidak ada pergerakan, tidak ada obrol mengobrol dengan teman, tidak ada kompromi bergerak, tidak ada isi jawaban yang mengasah otak dan melihat dengan ketajaman mata, pokonya banyak tidak adanya deh Sobat DPπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

dan ending kata peserta didik bosan😭😭😭😭 dan malah asik sendiri, malah ni yang duduk semeja berdua, asik berduaan😍😍😍😱

Menurut Hartati (2010 : 10) menjelaskan bahwa alat peraga berfungsi sebagai penunjang terselenggaranya proses pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, penggunaan alat peraga mempunyai nilai-nilai untuk meletakkan dasar-dasar yang nyata dalam berpikir, mengurangi terjadinya verbalisme, memperbesar minat dan perhatian peserta didik untuk belajar, meletakkan dasar perkembangan belajar agar hasil belajar bertambah mantap. Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga disebut juga pembelajaran dengan menggunakan model contoh, atau alat simulasi.
Kalau Sudjana (2007 : 185) menyatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan fasilitas model, contoh atau alat simulasi berguna untuk menunjukkan bagaimana wujud sesuatu yang sesungguhnya dan bagaimana cara kerjanya, serta apa-apa saja bagiannya. Menampilkan alat peraga sebagai sebuah simulasi berarti memberikan porsi yang lebih besar pada pengamatan yang dilakukan oleh perserta didik. 
Kalau selama ini porsi yang lebih besar kan dimakan sama pendengaran ya Sobat DP?πŸ˜‚πŸ˜‚

Nah... Dengan adanya pengamatan secara lansung, maka peserta didik akan termotivasi dalam belajar. Hal ini dikarenakan, pembelajaran lansung dan pengamatan lansung lebih menyenangkan dalam belajar jika dibandingkan hanya dengan penjelasan yang diberikan oleh guru. selain itu, peserta didik dapat bergerak kesana-kemari, berkonsultasi, tukar pendapat, mendengarkan pendapat orang lain, mengambil keputusan dan pokoknya masih banyak lagi hal yang bisa didapatkan dengan belajar menggunakan alat. 

Ibarat cerita nich sobat DP sekali mendayung 23 pulau terlampauiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜œπŸ˜‚πŸ˜‚

ALAT LABORATORIUM
    Sekarang, kita akan bahas alat laboratorium. Nah, Sobat DP Alat laboratorium ini merupakan pasangannya laboratorium. Ibarat kalau rumah itu, ini perabotannya. Kalau adanya toko, berarti anda jualanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜Š
Alat laboratorium merupakan alat khusus yang dibuat untuk melengkapi praktikum di laboratorium. Alat laboratorium bisa digunakan berkali-kali dalam percobaan dan mempunyai fungsi yang sama dengan alat peraga, yaitu untuk mempermudah memahami konsep dalam proses belajar mengajar. Namun, alat laboratorium sedikit lebih rumit daripada alat peraga. selain itu, ada beberapa alat laboratorium yang dapat dimodifikasi dengan alat laboratorium lainnya. Bisa dikatakan terkadang satu alat bisa digunakan untuk beberapa percobaan yang berhubungan. terkadang yang tidak berhubungan pun dijodohkanπŸ’‘πŸ’‘πŸ˜‚πŸ˜‚

Menurut Husein (2013 : 8) nich sobat DP, peralatan merupakan suatu bagian yang mendasari dalam pembentukan laboratorium, baik itu laboratorium yang sederhana (praktikum) maupun untuk tujuan penelitian (laboratorium penelitian). Bila tidak ada alat di dalam laboratorium, maka laboratorium tidak dapat berfungsi, hal ini dikarenakan laboratorium dan alat laboratorium merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Nah benarkan Sobat DP, Alat laboratorium dan laboratorium itu ibarat surat dan perangko, surat gak berfungsi kalu gak ada perangko. πŸ’Ÿ

            Alat-alat laboratorium ini sobat DP, disesuaikan dengan materi-materi pelajaran yang ada disekolah, materi tersebut mulai dari kelas 1, 2 dan 3. Dengan demikian setiap kelas dan setiap pokok bahasan peseserta didik dapat melakukan praktikum. Kalau gurunya kasih ya peserta didik..!πŸ‘ŒπŸ‘Œ✌
Di laboratorium ada berbagai macam jenis alat.

Nah, apapun alatnya yang digunakan dalam pendidikan itu sangat besar pengaruhnya terhadap proses belajar mengajar, baik dari segi pemahaman, kesenangan belajar, dan yang paling jelas adalah membakitkan motivasi dan Mood belajar peserta didik yang gado-gado!

Samana (2001 : 21) mengatakan, Alat bantu pendidikan adalah alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pengajaran. Selain itu, penggunaan kedua alat tersebut dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini dikarenakan peserta didik dapat melihat lansung atau dapat melakukan secara lansung materi yang sedang dipelajari. 

Berikut persamaan dan Perbedaan kedua alat yang berfungsi untuk membantu proses belajar!

PERBEDAAN SERTA PERSAMAAN 
ALAT PERAGA DAN ALAT LABORATORIUM

No
Perbedaan
Persamaan
Alat Peraga
Alat Laboratorium
Alat Peraga
Alat Laboratorium
1
Lebih mudah didapat
Sulit didapatkan
Sama-sama digunakan untuk mempermudah/menunjang  proses belajar mengajar agar materi yang diajarkan dapat dipahami dan di praktikumkan sendiri oleh peserta didik.
2
Ada meski tidak ada laboratorium
Ada jika ada laboratorium
3
Lebih praktis
Tidak praktis
4
Peserta didik sudah mengenal alat yang digunakan karena ada dalam kehidupan sehari-hari
Tidak semua peserta didik kenal dengan alat yang digunakan
5
Bisa digunakan diluar ruangan
Tidak bisa digunakan diluar ruangan
6
Alat biasanya hanya digunakan untuk sekali pakai
Alat dapat dipakai berulang-ulang
7
Tidak perlu khawatir alat rusak pada saat percobaan
Harus mengkhawatirkan alat takut rusak selama percobaan
8.
 Lebih ramah lingkungan
 Kurang ramah lingkungan
Sebenarnya nich Sobat DP, pemeran utamanya adalah GURU, bila guru malas laboratorium lengkap juga tidak akan terpakai. Namun bila guru tidak malas dan kreatif, tanpa laboratoriumpun, pembelajaran akan tetap menyenagkan dengan alat peraga.

Semua yang pekerjaan yang kita cintai dan melakukannya dengan keiklasan hati, pasti lebih baik.
πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•

2 komentar:

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...