iklan

Minggu, 23 Juli 2017

Pa kabar sobat semua...????😊😊😊
postingan x ini, saya akan berbagi tentang LKS (Lembar Kerja Siswa) atau dalam kurikulum 2013 disebut dengan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). LKPD contoh yang akan saya bagikan ini merupakan materi fisika pokok bahasan tekanan. 

jadi gak perlu basa basi lama-lama ya sobat, berikut contohnyaπŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡Cap cus...😊😊


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK


Nama sekolah     :
Kelas / Semester :
Mata pelajaran    :
Materi                 : Tekanan
Kelompok           :
Anggota              :
  1)
  2)
  3)
  4)
  5)

A. Tujuan
1. Membuktikan adanya tekanan
2. Merumuskan hipotesis tentang tekanan
3. Memanfaatkan prinsip tekanan dalam kehidupan sehari-hari

B. Hipotesis
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

C. Alat dan Bahan
1. Air satu botol aqua besar (ukuran 1500 ml)
2. Minyak goreng satu aqua besar (ukuran 1500 ml)
3. Botol air mineral ukuran besar  (ukuran 1500 ml sebanyak 2 botol)
4. Baskom ukuran besar
5. Lakban 
6. Penggaris
7. Spidol 
8. Paku
9. Lilin 
10. Korek api

D. Prosedur Kerja
1. Tandai botol dengan spidol secara tegak lurus, dengan jarak 5 cm dari dasar botol, kemudian tandai sebanyak 4 tempat. Dengan jarak 5 cm dari tanda pertama. Kemudian tandai lagi 5 dimulai dari jarak ke dua dan jarak ketiga. 
2. Catatlah ukuran jarak tersebut pada tabel pengamatan (jarak yang diukur dimulai dari bawah).
3. Kemudian, hidupkan lilin dan panaskan ujung paku.
4. Setelah paku panas, lubangi botol dengan sama besar ditempat yang telah dtandai sebelumnya.
5. Beri nama setiap lubang dengan mulai dari bawah dengan nama L1, L2, L3 dan L4
6. Selanjutnya tutup bolongan botol dengan lakban, tutup yang rapi agar air tidak keluar.
7. Masukkan air hingga mencapai leher botol, lalu tutup mulut botol tersebut.
8. Ukurlah tinggi air dalam botol tersebut, dan catat pada ke dua tabel pengamatan.
9. Kemudian pegang botol ditepian baskom, dengan arah bolongan ke dalam baskom.
10. Letakkan rol disamping kaki botol dengan arah horizontal (arah keluar air dari dalam botol) dengan angka nol di tepi botol.
11. Secara bersamaan, tariklah selotip yang menutupi lubang botol tersebut. 
12. Lihatlah apa yang terjadi pada air, amati lintasan zat cair ketika keluar dari lubangnya dan masukkanlah kedalam tabel pengamatan satu jarak air yang tumpah dari lubang L1, L2, L3 dan L4.
13. Kemudian, bukalah tutup botol tersebut. Tutup kembali ketiga lubang pada botol.
14. Masukkan kembali air dengan ketinggian yang sama dan ulangi percobaan tersebut dengan tidak menutup mulut botol.
15. Amati air dan ukurlah jarak pancuran air, masukkanlah hasil pengamatanmu pada tabel pengamatan 2
16. Setelah selesai, dengan air. Gantilah air tersebut dengan minyak goreng dengan ketinggian awal (h) yang sama.
17. Lakukanlah percobaan yang sama terhadap minyak goreng. Yaitu melakukan percobaan pertama dengan menutup terlebih dahulu mulut botol, hasilnya masukkan pada tabel pengamatan 1.
18. Lanjutkan dengan percobaan selanjutnya dengan membuka tutup pada mulut botol. Dan hasilnya catat pada tabel pengamatan 2.

Tabel Pengamatan 1: Mulut Botol Di Tutup
Nama zat cair
Massa jenis zat cair
h (cm)
h1 (cm)
h2 (cm)
h3 (cm)
h4 (cm)
L1 (cm)
L2 (cm)
L3 (cm)
L4 (cm)
Air










Minyak Goreng











Tabel Pengamatan 2: Mulut Botol Di Buka
Nama zat cair
Massa jenis zat cair
h (cm)
h1 (cm)
h2 (cm)
h3 (cm)
h4 (cm)
L1 (cm)
L2 (cm)
L3 (cm)
L4 (cm)
Air










Minyak Goreng











 

E. Kesimpulan
Simpulkanlah apa yang terjadi pada percobaan tersebut secara rinci dan jelas!
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

F. Pertanyaan
1. Apa yang terjadi pada air yang ada dalam botol pada saat selotip dibuka? Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Jelaskan!
Jawab:.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Apa yang dimaksud dengan tekanan?
Jawab:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3. Sebutkan contoh tekanan yang ada dalam kehidupan sehari hari!
Jawab:.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4. Apa manfaat tekanan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Dari contoh LKPD di atas ni sobat, sobat semua bisa menyesuaikan dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah sobat semua. Oya, sobat semua LKPD itu baik digunakan oleh guru, peneliti dan yang berhubungan dengan keduanyaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‘Œ

klo ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di kolom komentar ya sobat...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...