iklan

Minggu, 23 Juli 2017

Aktifitas Guru

Hai sobat DP (Dunia Pendidikan) Semua.....! saya mau posting-posting lagi ni..

Kali ini kita akan berbagi bagaimana caranya membuat lembar observasi guru. Karena pasti ada beberapa sobat DP yang kebingungan untuk membuat lembar observasi. Jadi dengan referensi yang saya kasih Sobat DP dapat mengembangbiakkan sendiri sesuai kebutuhan (udah kayak beternak hewan ya...😂😂😂) Abaikan yang barusan...

jadi intinya, Sobat Dp dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan sobat semua!

LEMBAR PENGAMATAN AKTIFITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENILAIAN OTENTIK

Nama Sekolah    : 
Kelas / Semester: 
Hari / Tanggal    :
Subbab               :
Pertemuan          :


A. Pengantar
Kegiatan observasi yang dilakukan bertujuan untuk mengamati kegiatan pembelajaran menggunakan penilaian otentik. Dalam kegiatan ini yang diperhatikan adalah kegiatan guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar, bukan keterampilan guru atau kualitas guru dalam melakukan pembelajaran.

B. Petunjuk
Beri tanda ceklist (√) pada kolom nilai yang sesuai menurut penilaian dari yang Bapak/Ibu perhatikan:

1 = Kurang Baik (apabila guru tidak melaksanakan aktifitas/ menyampaikan hal yang tertera pada lembar pengamatan tersebut)

2 = Cukup Baik (apabila guru melaksanakan aktifitas/menyampaikan hal yang tertera pada lembar pengamatan, namun tidak berurut dan menyeluruh kepada semua peserta didik) 

3 = Baik (apabila guru melaksanakan aktifitas/menyampaikan hal yang tertera pada lembar pengamatan secara berurut tapi tidak menyeluruh kepada semua peserta didik)

4 = Sangat Baik (apabila guru melaksanakan aktifitas/menyampaikan hal yang tertera pada lembar pengamatan secara berurut dan menyeluruh kepada semua peserta didik)


C. Lembar Pengamatan
TAHAP
KEGIATAN GURU YANG DIAMATI
PENILAIAN
1
2
3
4
Kegiatan Awal
1.     Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan berdoa




2.     Guru membagikan pre-test / postes kepada peserta didik




3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran




4.     Guru memberikan apersepsi dan motivasi




Fase I
Membagi Kelompok
1.     Guru membagi peserta didik kedalam 5 kelompok




2.     Guru membagikan LKPD kepada setiap kelompok




3.     Guru memeriksa dan memberikan penilaian terhadap kelengkapan alat dan bahan percobaan kelompok




4.     Guru menjelaskan LKPD/Bacaan




Fase II
Membuat Hipotesis
1.     Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkonsultasi dalam membuat hipotesis




2.     Guru membimbing peserta didik dalam menentukan hipotesis yang relevan




Fase III
Merancang Percobaan
1.     Guru membimbing dan mengamati peserta didik dalam melakukan percobaan




2.     Guru menjelaskan proses eksperimen kepada kelompok yang belum mengerti




3.     Guru menilai peserta didik dan kelompok




Fase IV
Melakukan Percobaan
1.     Guru membimbing peserta didik untuk mendapatkan informasi dari percobaan/Bacaan




2.     Guru membimbing peserta didik untuk mengumpulkan data hasil percobaan




Fase VI
Menganalisis Data
1.      Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menganalisis data dan membuat kesimpulan




2.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab soal yang ada pada LKPD




Fase VII
Diskusi
1.     Guru meminta kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok




2.     Guru menilai peserta setiap kelompok




3.     Guru meminta kepada peserta didik untuk bertanya, menanggapi atau menambah kepada kelompok penyaji




4.     Guru memberikan penilaian kepada peserta didik yang bertanya, menanggapi atau menambahkan




5.     Guru memberikan penilaian kepada peserta didik yang menjawab pertanyaan




Penutup
1.     Guru menanyakan manfaat apa yang diperoleh peserta didik pada percobaan kali ini




2.     Guru bersama peserta didik menarik kesimpulan akhir




3.     Guru memberitahukan kepada peserta didik materi pelajaran selanjutnya, dan memberikan tugas




4.     Guru menutup pelajaran dengan memberikan pesan moral dan mengucapkan salam





Sekolah
Daerah Sekolah,..............2016



.........................................
(Observer)

Nah, Sobat DP semua demikianlah lembar contoh lembar observasi yang dapat sobat DP jadikan referensi.

Untuk kritik saran yang membangun silahkan tinggalkan komentarnya ya sobat.. dan kalau ada yang mau ditanyakan Don't be shy..😂😂😂😋😌

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...