Kali ini saya akan membagikan informasi cara membuat angket sikap nich teman-teman...
karena dalam kurikulum 2013, terdapat tiga penilaian yang harus dilakukan. Penilaian pertama adalah pengetahuan selanjutnya sikap dan terakhir adalah keterampilan. Biasanya, sikap dinilai dengan menggunakan angket. Cap cus... lansung sajaπππ
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat indikator angket. Dalam membuat indikator, kita perlu mengetahui tujuan kita dalam membuat angket. Seperti contoh yang saya buat ini adalah untuk melihat sikap siswa terhadap pelajaran fisika dan pengaruh cara guru mengajar terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fisika. Berikut contohnya:
Indikator Angket
No
|
Indikator
|
1
|
Pengaruh
fisika dalam kehidupan
|
2
|
Pelajaran
fisika
|
3
|
Mendekatkan
diri kepada Tuhan YME
|
4
|
Takut
Salah dan tidak punya tempat cerita
|
5
|
Cara
mengajar guru
|
6
|
Bertanya
|
Setelah membuat indikator, maka kita perlu membuat kisi-kisi dari indikator tersebutππ.
No
|
Komponen Objek Sikap
|
No Butir Angket
|
|
Positif
|
Negatif
|
||
1
|
Pengaruh
fisika dalam kehidupan
|
1,
2, 3,
|
6
|
2
|
Pelajaran
fisika
|
4, 7,
9, 12, 14, 15
|
8,
10, 13, 17
|
3
|
Mendekatkan
diri kepada Tuhan YME
|
5
|
|
4
|
Takut
Salah dan tidak punya tempat cerita
|
11,
17,
|
|
5
|
Cara mengajar
guru
|
18
|
|
6
|
Bertanya
|
19,
20
|
|
Jumlah
|
15
|
5
|
Selanjutnya, kembangkanlah menjadi pernyataan-pernyataan seperti di bawah ini. Untuk nomor butir angket dapat di isi setelah membuat pernyataan.
ANGKET SIKAP
PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Nama :
Kelas :
Pelajaran :
Pendahuluan
Tujuan dari pengisian angket ini adalah untuk mendapatkan data atau informasi tentang terhadap pembelajaran fisika disekolah anda. Informasi yang anda berikan sangat berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan kedepannya, khususnya dalam proses peningkatan pembelajaran fisika. Angket yang dibagikan ini bukan merupakan bagian dari ujian ataupun tes. Anda hanya perlu mengemukankan pendapat anda sejujur-jujurnya mengenai situasi pembelajaran fisika disekolah anda sesuai dengan apa yang anda rasakan dan alami. Informasi yang anda berikan sama sekali tidak akan mempengaruhi nilai fisika anda.
Petunjuk Penggunaan Angket
Pernyataan yang ada dalam angket ini menggambarkan keadaaan selama proses belajar mengajar pelajaran fisika berlansung. Angket ini menyediakan empat jawaban. Pilihlah salah satu dengan membubuhkan tanda contreng (√) pada jawaban yang kamu anggap paling tepat dan paling mewakili kondisi yang sesungguhnya.
Berilah tanda contreng (√) pada jawaban yang anda rasa tepat dengan sikap anda, dengan kriteria dibawah ini
1 = TS : Tidak Setuju (berarti anda sangat tidak setuju dengan pernyataan dalam angket)
2 = KS : Kurang Setuju (berarti anda kurang setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
3 = S : Setuju (berarti anda setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
4 = SS : Sangat Setuju (berarti anda sangat setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
Untuk pernyataan negatif penilaiannya adalah:
4 = TS : Tidak Setuju (berarti anda sangat tidak setuju dengan pernyataan dalam angket)
3 = KS : Kurang Setuju (berarti anda kurang setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
2 = S : Setuju (berarti anda setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
1 = SS : Sangat Setuju (berarti anda sangat setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
No
|
Pernyataan
|
TS
|
KS
|
S
|
SS
|
1
|
Saya
senang dapat belajar fisika, karena saya mengetahui kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
||||
2
|
Belajar
fisika membuat saya mejadi lebih waspada dan hati-hati dalam bekerja
|
||||
3
|
Saya
mengetahui dengan jelas tujuan dari belajar fisika serta kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
||||
4
|
Saya
merasa tugas –tugas fisika yang diberikan oleh guru sangat gampang untuk
dapat diselesaikan dengan baik.
|
||||
5
|
Dengan
belajar fisika, saya dapat lebih bersyukur kepada Tuhan YME
|
||||
6
|
Disaat
saya tidak mengerti pelajaran fisika, saya tidak akan berusaha untuk
mempelajarinya karena saya tidak punya tujuan belajar fisika
|
||||
7
|
Saya
senang membaca dan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan fisika
|
||||
8
|
Saya
merasa kurang mampu dalam menyelesaikan hitung-hitungan fisika.
|
||||
9
|
Saya
mengikuti les pelajaran fisika untuk memperdalam ilmu pengetahuan saya
tentang fisika
|
||||
10
|
Saya
merasa cemas menghadapi ujian fisika dibandingkan dengan ujian mata pelajaran
lainnya, karena saya takut gagal meski saya sudah belajar.
|
||||
11
|
Saya
merasa tidak punya tempat untuk menceritakan kendala saya dalam mempelajari
fisika
|
||||
12
|
Saya
merasa rugi bila bolos sekolah pada saat ada pembelajaran fisika.
|
||||
13
|
Saya
selalu khawatir dengan hasil nilai ujian fisika yang saya peroleh
|
||||
14
|
Saya
selalu membeli atau meminjam buku yang berhubungan dengan fisika dipustaka
|
||||
15
|
Selalu
berusaha mendapatkan buku-buku fisika
|
||||
16
|
Saya
tidak peduli jika teman saya mendapatkan nilai fisika lebih tinggi dari saya,
karena saya tidak suka pelajarannya.
|
||||
17
|
Perasaan
takut salah membuat saya tidak berani memecahkan soal fisika didepan kelas
yang di suruh oleh guru
|
||||
18
|
Saya
senang belajar fisika jika cara mengajar guru berganti setiap kali masuk.
|
||||
19
|
Saya
selalu bertanya tentang pelajaran fisika pada guru
|
||||
20
|
Jika
saya merasa kesulitan dalam belajar fisika, saya tidak segan-segan untuk
bertanya kepada teman saya yang lebih mampu
|
Selanjutnya setelah teman-teman mendapatkan jawaban dari pernyataan yang diajukan, maka teman-teman sudah bisa merekapitulasi hasil tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar