iklan

Jumat, 21 Juli 2017

angket sikap

Kali ini saya akan membagikan informasi cara membuat angket sikap nich teman-teman...
karena dalam kurikulum 2013, terdapat tiga penilaian yang harus dilakukan. Penilaian pertama adalah pengetahuan selanjutnya sikap dan terakhir adalah keterampilan. Biasanya, sikap dinilai dengan menggunakan angket. Cap cus... lansung sajaπŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat indikator angket. Dalam membuat indikator, kita perlu mengetahui tujuan kita dalam membuat angket. Seperti contoh yang saya buat ini adalah untuk melihat sikap siswa terhadap pelajaran fisika dan pengaruh cara guru mengajar terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fisika. Berikut contohnya:

Indikator Angket
No
Indikator
1
Pengaruh fisika dalam kehidupan
2
Pelajaran fisika
3
Mendekatkan diri kepada Tuhan YME
4
Takut Salah dan  tidak punya tempat cerita
5
Cara mengajar guru
6
Bertanya  

Setelah membuat indikator, maka kita perlu membuat kisi-kisi dari indikator tersebutπŸ‘‡πŸ‘‡.

Kisi-Kisi Indikator Angket Sikap

No
Komponen Objek Sikap
No Butir Angket
Positif
Negatif
1
Pengaruh fisika dalam kehidupan
1, 2, 3,
6
2
Pelajaran fisika
4, 7, 9, 12, 14, 15
8, 10, 13, 17
3
Mendekatkan diri kepada Tuhan YME
5

4
Takut Salah dan  tidak punya tempat cerita
11, 17,

5
Cara mengajar guru
18

6
Bertanya
19, 20

Jumlah
15
5

Selanjutnya, kembangkanlah menjadi pernyataan-pernyataan seperti di bawah ini. Untuk nomor butir angket dapat di isi setelah membuat pernyataan.

ANGKET SIKAP 
PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Nama :
Kelas :
Pelajaran

Pendahuluan
Tujuan dari pengisian angket ini adalah untuk mendapatkan data atau informasi tentang terhadap pembelajaran fisika disekolah anda. Informasi yang anda berikan sangat berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan kedepannya, khususnya dalam proses peningkatan pembelajaran fisika. Angket yang dibagikan ini bukan merupakan bagian dari ujian ataupun tes. Anda hanya perlu mengemukankan pendapat anda sejujur-jujurnya mengenai situasi pembelajaran fisika disekolah anda sesuai dengan apa yang anda rasakan dan alami. Informasi yang anda berikan sama sekali tidak akan mempengaruhi nilai fisika anda. 

Petunjuk Penggunaan Angket
Pernyataan yang ada dalam angket ini menggambarkan keadaaan selama proses belajar mengajar pelajaran fisika berlansung. Angket ini menyediakan empat jawaban. Pilihlah salah satu dengan membubuhkan tanda contreng (√) pada jawaban yang kamu anggap paling tepat dan paling mewakili kondisi yang sesungguhnya.

Berilah tanda contreng (√) pada jawaban yang anda rasa tepat dengan sikap anda, dengan kriteria dibawah ini
1 = TS : Tidak Setuju (berarti anda sangat tidak setuju dengan pernyataan dalam angket)
2 = KS : Kurang Setuju (berarti anda kurang setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
3 = S : Setuju (berarti anda setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
4 = SS : Sangat Setuju (berarti anda sangat setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)

Untuk pernyataan negatif penilaiannya adalah:
4 = TS : Tidak Setuju (berarti anda sangat tidak setuju dengan pernyataan dalam angket)
3 = KS : Kurang Setuju (berarti anda kurang setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
2 = S : Setuju (berarti anda setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)
1 = SS : Sangat Setuju (berarti anda sangat setuju dengan pernyataan yang ada dalam angket)

No
Pernyataan
TS
KS
S
SS
1
Saya senang dapat belajar fisika, karena saya mengetahui kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari




2
Belajar fisika membuat saya mejadi lebih waspada dan hati-hati dalam bekerja




3
Saya mengetahui dengan jelas tujuan dari belajar fisika serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari




4
Saya merasa tugas –tugas fisika yang diberikan oleh guru sangat gampang untuk dapat diselesaikan dengan baik.




5
Dengan belajar fisika, saya dapat lebih bersyukur kepada Tuhan YME




6
Disaat saya tidak mengerti pelajaran fisika, saya tidak akan berusaha untuk mempelajarinya karena saya tidak punya tujuan belajar fisika




7
Saya senang membaca dan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan fisika




8
Saya merasa kurang mampu dalam menyelesaikan hitung-hitungan fisika.




9
Saya mengikuti les pelajaran fisika untuk memperdalam ilmu pengetahuan saya tentang fisika




10
Saya merasa cemas menghadapi ujian fisika dibandingkan dengan ujian mata pelajaran lainnya, karena saya takut gagal meski saya sudah belajar.




11
Saya merasa tidak punya tempat untuk menceritakan kendala saya dalam mempelajari fisika




12
Saya merasa rugi bila bolos sekolah pada saat ada pembelajaran fisika.




13
Saya selalu khawatir dengan hasil nilai ujian fisika yang saya peroleh




14
Saya selalu membeli atau meminjam buku yang berhubungan dengan fisika dipustaka




15
Selalu berusaha mendapatkan buku-buku fisika





16
Saya tidak peduli jika teman saya mendapatkan nilai fisika lebih tinggi dari saya, karena saya tidak suka pelajarannya.




17
Perasaan takut salah membuat saya tidak berani memecahkan soal fisika didepan kelas yang di suruh oleh guru




18
Saya senang belajar fisika jika cara mengajar guru berganti setiap kali masuk.




19
Saya selalu bertanya tentang pelajaran fisika pada guru




20
Jika saya merasa kesulitan dalam belajar fisika, saya tidak segan-segan untuk bertanya kepada teman saya yang lebih mampu






Selanjutnya setelah teman-teman mendapatkan jawaban dari pernyataan yang diajukan, maka teman-teman sudah bisa merekapitulasi hasil tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...