iklan

Selasa, 25 Juli 2017

Angket Motivasi

Apa kabarnya nich Sobat DP (Dunia Pendidikan)??
Pada postingan x ini, saya tetap masih membahas masalah pendidikan, karena saya gak mau Move OnπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚!

Jadi Sobat DP semua, saya akan memberikan contoh dari angket motivasi! Sebelum membuat angket, ada baiknya kalau Sobat DP buat indikator terlebih dahulu. sebenarnya bukan ada baiknya sich, tapi WAJIB.
Jadi dengan membuat indikator, akan jelas arah tujuan kita nich sobat DP. Nah, angketnya itu kita kembangkan dari indikator itu sendiri.
Lansung saja dech, berikut liputannya, maksud saya  contohnyaπŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›


Indikator Dan Skala Penilaian 
Angket Motivasi Belajar Peserta Didik

Sekolah
Kelas/Semester: 
Tahun Ajaran
Mata Pelajaran: Fisika

Indikator Motivasi Belajar
No
Faktor Motivasi
Indikator Motivasi
Nomor item
Jumlah
1
Intrinsik
Mempunyai hasrat serta   keinginan berhasil
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

7
2
Terdapat dorongan dan kebutuhan dalam belajar
8, 9, 10, 11, 12, 13
6
3
Adanya harapan dan cita-cita masa depan
14, 15, 16, 17, 18, 19, 20
7
4
Ekstrinsik
Adanya penghargaan dalam belajar
21, 22, 23, 24,25

5
5
Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar
26, 27, 28, 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35
10
6
Mempunyai lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif
36, 37, 38, 39, 40
5
Jumlah
40

Skala Penilaian Angket Motivasi Belajar
No
Pilihan Jawaban
Skor
1
STS (Sangat Tidak Setuju)
1
2
TS (Tidak Setuju)
2
3
KS (Kurang Setuju)
3
4
S (Setuju)
4
5
SS (Sangat Setuju)
5


ANGKET MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK 


Nama :
Kelas :
Pelajaran : Fisika

A. Pendahuluan
Pengisian angket ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar anda dalam belajar fisika. Informasi yang ada berikan sangat berguna untuk memperbaiki proses belajar mengajar fisika kedepannya dan angket ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap nilai pelajaran anda. Untuk itu, Anda diminta untuk memberikan jawaban yang sejujurnya, jadi mohon kerjasamanya!

B. Petunjuk Penggunaan Angket
Terdapat lima pilihan jawaban yang tersedia untuk setiap pernyataan pada angket ini, pilihlah salah satu jawaban dari pernyataan yang anda anggap paling tepat untuk mewakili perasaan dan perilaku anda dengan membubuhkan tanda contreng (√) yang disediakan. Dibawah ini merupakan kriteria jawaban yang disediakan.

1 = STS : Sangat Tidak Setuju
(Berarti anda Sangat Tidak Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)

2 = TS : Tidak Setuju
(Berarti anda Tidak Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)

3 = KS : Kurang Setuju
(Berarti anda Kurang Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)

4 = S : Setuju
(Berarti anda Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)

5 = SS : Sangat Setuju
(Berarti anda Sangat Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)

No
Pernyataan
STS
TS
KS
S
SS
1
2
3
4
5
1
Keberhasilan bagi saya adalah hal yang utama dalam belajar





2
Saya selalu belajar lebih keras dari biasanya untuk menghadapi ujian fisika





3
Saya mengerjakan tugas fisika dengan sungguh-sungguh.





4
Saya khawatir jika mendapat nilai fisika rendah pada saat ujian





5
Jika nilai fisika saya jelek, saya akan terus rajin belajar agar nilai saya menjadi baik





6
Saya menjawab ujian fisika dengan sungguh-sungguh





7
Saya akan merasa puas apabila saya dapat mengerjakan soal fisika dengan memperoleh nilai baik.





8
Jika saya menemui soal yang sulit maka saya akan   berusaha untuk mengerjakan sampai saya menemukan jawabannya.
Saya selalu belajar untuk menghadapi ujian fisika





9
Dalam pelajaran fisika saya selalu berusaha mendapatkan nilai yang terbaik 





10
Bagi saya yang terpenting adalah mengerjakan soal atau tugas dengan tepat waktu dan mengerjakannya secara sunguh-sungguh





11
Bila guru memberikan pekerjaan rumah untuk dibuat dan dikumpulkan, saya selalu mengumpulkannya





12
Untuk mendapatkan nilai fisika yang bagus, saya mengikuti les fisika diluar sekolah





13
Dalam belajar fisika, Saya tidak merasa bosan walaupun pada saat pembelajaran hanya mencatat saja.





14
Menurut saya, pelajaran fisika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari





15
Pelajaran fisika merupakan pelajaran yang penting untuk dipelajari, karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari





16
Saya punya cita-cita yang berkaitan dengan pelajaran fisika, oleh karena itu Saya belajar fisika





17
Saya perlu belajar fisika, karena dalam kehidupan sehari-hari selalu berkaitan dengan Fisika





18
Saya dapat menghubungkan pelajaran fisika dengan cita-cita saya di masa depan





19
Walaupun materinya sulit, Saya senang belajar fisika, karena cita-cita saya berhubungan dengan pelajaran fisika





20
Buat saya, materi pelajaran fisika tidak bermanfaat 





21
Saya senang belajar fisika, dikarenakan bagus atau tidaknya nilai saya, guru dan orang tua tetap menghargai saya





22
Saya dan teman-teman setiap kali berhasil memecahkan soal sulit, guru tidak pernah memberikan penghargaan 





23
Guru saya tetap memberikan penghargaan kepada saya dan teman-teman walupun mendapatkan nilai rendah atau tinggi





24
Guru saya hanya akan memberi penghargaan kepada mereka yang mendapatkan nilai tinggi





25
Penghargaan yang diberikan guru membuat saya semangat dalam belajar





26
Metode mengajar Guru fisika saya selalu sama disetiap pertemuan





27
Walaupun hanya membahas soal dan rumus, Saya tidak bosan belajar fisika





28
Model pembelajaran yang selalu diubah-ubah membuat belajar fisika menyenangkan, dan saya sangat suka





29
Saya senang belajar fisika dikarenakan guru
menggunakan permainan dan game seru dalam pembelajaran.





30
Dalam pelajaran fisika, hal yang saya sukai adalah melakukan praktikum





31
Saya senang belajar fisika, karena dalam belajar tersebut tidak selalu di dalam kelas





32
Bila hasil ujian fisika saya lebih rendah dari kawan saya, membuat saya lebih semangat untuk terus belajar





33
Adanya belajar kelompok dan presentasi membuat saya semangat dalam belajar fisika





34
Menurut saya kegiatan belajar fisika membosankan karena guru hanya menjelaskan materi dengan berceramah saja





35
Walupun guru hanya mengejar materi, Belajar fisika bagi saya tetap menarik dan seru





36
Ketika teman-teman saya ribut pada saat belajar, Saya sangat terganggu 





37
Biarpun saya tidak suka belajar fisika, Tapi Saya selalu melarang teman-teman saya yang ribut 





38
Saya tidak terganggu dalam belajar fisika, meskipun teman-teman saya bangun-bangun dan berpindah-pindah tempat





39
Guru fisika saya selalu memperingati kawan saya yang ribut, agar diam tidak menggangu kawan yang serius belajar





40
Saya dan kawan-kawan saya selalu diperingatkan oleh guru agar tidak ribut saat belajar 






Jumlah Total






Gimana Sobat DP semua?? kalau masih kurang paham bisa tanyakan dikolom komentar, bisa kasih kritik saran yang membangun juga, Agar kedepannya saya bisa buat artikel yang lebih baik lagi dan tentunya bermanfaat buat kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...