Apa kabarnya nich Sobat DP (Dunia Pendidikan)??
Pada postingan x ini, saya tetap masih membahas masalah pendidikan, karena saya gak mau Move Onππππ!
Jadi Sobat DP semua, saya akan memberikan contoh dari angket motivasi! Sebelum membuat angket, ada baiknya kalau Sobat DP buat indikator terlebih dahulu. sebenarnya bukan ada baiknya sich, tapi WAJIB.
Jadi dengan membuat indikator, akan jelas arah tujuan kita nich sobat DP. Nah, angketnya itu kita kembangkan dari indikator itu sendiri.
Lansung saja dech, berikut liputannya, maksud saya contohnyaπππ
Indikator Dan Skala Penilaian
Angket Motivasi Belajar Peserta Didik
Sekolah :
Kelas/Semester:
Tahun Ajaran :
Mata Pelajaran: Fisika
Indikator Motivasi Belajar
|
No
|
Faktor
Motivasi
|
Indikator
Motivasi
|
Nomor
item
|
Jumlah
|
|
1
|
Intrinsik
|
Mempunyai hasrat serta keinginan berhasil
|
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
|
7
|
|
2
|
Terdapat dorongan dan
kebutuhan dalam belajar
|
8, 9, 10, 11, 12, 13
|
6
|
|
|
3
|
Adanya harapan dan
cita-cita masa depan
|
14, 15, 16, 17, 18, 19, 20
|
7
|
|
|
4
|
Ekstrinsik
|
Adanya penghargaan
dalam belajar
|
21, 22, 23, 24,25
|
5
|
|
5
|
Adanya kegiatan yang
menarik dalam belajar
|
26,
27, 28, 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35
|
10
|
|
|
6
|
Mempunyai lingkungan
belajar yang nyaman dan kondusif
|
36, 37, 38, 39, 40
|
5
|
|
|
Jumlah
|
40
|
|||
Skala Penilaian Angket Motivasi Belajar
|
No
|
Pilihan
Jawaban
|
Skor
|
|
1
|
STS
(Sangat Tidak Setuju)
|
1
|
|
2
|
TS
(Tidak Setuju)
|
2
|
|
3
|
KS
(Kurang Setuju)
|
3
|
|
4
|
S
(Setuju)
|
4
|
|
5
|
SS
(Sangat Setuju)
|
5
|
ANGKET MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Nama :
Kelas :
Pelajaran : Fisika
A. Pendahuluan
Pengisian angket ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar anda dalam belajar fisika. Informasi yang ada berikan sangat berguna untuk memperbaiki proses belajar mengajar fisika kedepannya dan angket ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap nilai pelajaran anda. Untuk itu, Anda diminta untuk memberikan jawaban yang sejujurnya, jadi mohon kerjasamanya!
B. Petunjuk Penggunaan Angket
Terdapat lima pilihan jawaban yang tersedia untuk setiap pernyataan pada angket ini, pilihlah salah satu jawaban dari pernyataan yang anda anggap paling tepat untuk mewakili perasaan dan perilaku anda dengan membubuhkan tanda contreng (√) yang disediakan. Dibawah ini merupakan kriteria jawaban yang disediakan.
1 = STS : Sangat Tidak Setuju
(Berarti anda Sangat Tidak Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)
2 = TS : Tidak Setuju
(Berarti anda Tidak Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)
3 = KS : Kurang Setuju
(Berarti anda Kurang Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)
4 = S : Setuju
(Berarti anda Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)
5 = SS : Sangat Setuju
(Berarti anda Sangat Setuju dengan Pernyataan yang ada dalam angket)
|
No
|
Pernyataan
|
STS
|
TS
|
KS
|
S
|
SS
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
|
1
|
Keberhasilan bagi
saya adalah hal yang utama
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya selalu belajar lebih keras dari biasanya untuk menghadapi ujian fisika |
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya mengerjakan tugas fisika dengan sungguh-sungguh.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya khawatir jika mendapat
nilai fisika rendah pada saat ujian
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Jika nilai fisika saya jelek,
saya akan terus rajin belajar agar nilai saya menjadi baik
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya menjawab ujian fisika
dengan sungguh-sungguh
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya akan merasa puas apabila saya dapat mengerjakan soal fisika
dengan memperoleh nilai baik.
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Jika saya menemui soal yang sulit maka saya akan berusaha untuk mengerjakan sampai saya menemukan jawabannya.
Saya selalu belajar untuk menghadapi
ujian fisika
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Dalam pelajaran fisika saya selalu berusaha
mendapatkan nilai yang terbaik
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Bagi saya yang terpenting adalah mengerjakan soal atau
tugas dengan tepat waktu dan mengerjakannya secara sunguh-sungguh
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Bila guru memberikan pekerjaan rumah untuk dibuat dan dikumpulkan, saya selalu mengumpulkannya
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Untuk mendapatkan nilai fisika
yang bagus, saya mengikuti les fisika diluar sekolah
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Dalam belajar fisika, Saya tidak merasa bosan walaupun pada saat pembelajaran hanya mencatat saja.
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Menurut saya, pelajaran fisika dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Pelajaran fisika merupakan
pelajaran yang penting untuk dipelajari, karena berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Saya punya cita-cita yang berkaitan dengan pelajaran fisika, oleh karena itu
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Saya perlu belajar fisika, karena dalam kehidupan sehari-hari selalu berkaitan dengan Fisika
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Saya dapat menghubungkan
pelajaran fisika dengan cita-cita saya di masa depan
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Walaupun
materinya sulit, Saya senang belajar fisika, karena cita-cita saya berhubungan dengan pelajaran fisika
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Buat saya, materi pelajaran fisika tidak
bermanfaat
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Saya senang belajar fisika, dikarenakan bagus atau tidaknya nilai saya, guru dan orang tua tetap menghargai
saya
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Saya dan teman-teman setiap kali berhasil memecahkan soal sulit, guru tidak pernah memberikan
penghargaan
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Guru saya tetap memberikan penghargaan kepada saya dan teman-teman walupun mendapatkan nilai rendah atau tinggi
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Guru saya hanya akan memberi penghargaan kepada mereka yang mendapatkan nilai tinggi
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Penghargaan yang diberikan guru
membuat saya semangat dalam belajar
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Metode mengajar Guru fisika saya selalu sama disetiap pertemuan
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Walaupun hanya membahas soal dan rumus,
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Model
pembelajaran yang selalu diubah-ubah membuat belajar fisika menyenangkan, dan saya sangat suka
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Saya senang belajar fisika dikarenakan guru
menggunakan permainan dan game
seru dalam pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Dalam pelajaran fisika, hal yang saya sukai adalah melakukan praktikum
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Saya senang belajar fisika,
karena dalam belajar tersebut tidak selalu di dalam kelas
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Bila hasil ujian fisika saya
lebih rendah dari kawan saya, membuat saya lebih semangat untuk terus belajar
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Adanya belajar kelompok dan
presentasi membuat saya semangat dalam belajar fisika
|
|
|
|
|
|
|
34
|
Menurut saya kegiatan belajar fisika
membosankan karena guru hanya menjelaskan materi dengan berceramah saja
|
|
|
|
|
|
|
35
|
Walupun guru hanya mengejar materi,
|
|
|
|
|
|
|
36
|
Ketika teman-teman saya ribut pada saat belajar,
|
|
|
|
|
|
|
37
|
Biarpun saya tidak suka belajar fisika, Tapi
|
|
|
|
|
|
|
38
|
Saya tidak terganggu dalam belajar fisika, meskipun teman-teman saya bangun-bangun dan berpindah-pindah tempat
|
|
|
|
|
|
|
39
|
Guru fisika saya selalu
memperingati kawan saya yang ribut, agar diam tidak menggangu kawan yang
serius belajar
|
|
|
|
|
|
|
40
|
Saya
dan kawan-kawan saya selalu diperingatkan oleh guru agar tidak ribut saat belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Total
|
|
|
|
|
|
Gimana Sobat DP semua?? kalau masih kurang paham bisa tanyakan dikolom komentar, bisa kasih kritik saran yang membangun juga, Agar kedepannya saya bisa buat artikel yang lebih baik lagi dan tentunya bermanfaat buat kita semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar