LEMBAR PENGAMATAN AKTIFITAS GURU DALAM
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Kelas / Semester :
Hari / Tanggal :
Subbab :
Pertemuan :
A.
Pengantar
Kegiatan
observasi yang dilakukan bertujuan untuk mengamati kegiatan pembelajaran
menggunakan pendekatan STM. Dalam kegiatan ini yang diperhatikan adalah
kegiatan guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar, bukan
keterampilan guru atau kualitas guru dalam melakukan pembelajaran.
B.
Petunjuk
Beri tanda
ceklist (√) pada
kolom nilai yang sesuai menurut penilaian dari yang Bapak/Ibu perhatikan:
1 = Kurang Baik (apabila guru tidak
melaksanakan aktifitas/ menyampaikan hal yang tertera pada lembar pengamatan
tersebut)
2 = Cukup Baik (apabila guru melaksanakan
aktifitas/menyampaikan hal yang tertera pada lembar pengamatan, namun tidak
berurut dan menyeluruh kepada semua peserta didik)
3 = Baik (apabila
guru melaksanakan aktifitas/menyampaikan hal yang tertera pada lembar
pengamatan secara berurut tapi tidak menyeluruh kepada semua peserta didik)
4 = Sangat Baik (apabila guru
melaksanakan aktifitas/menyampaikan hal yang tertera pada lembar pengamatan
secara berurut dan menyeluruh kepada semua peserta didik)
C.
Lembar
Pengamatan
TAHAP
|
KEGIATAN GURU YANG DIAMATI
|
PENILAIAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Kegiatan
Awal
|
1.
Guru membuka
pelajaran dengan memberikan salam dan berdoa
|
|
|
|
|
2. Guru membagikan pre-test / postes
kepada peserta didik
|
|
|
|
|
|
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
4. Guru memberikan apersepsi dan
motivasi
|
|
|
|
|
|
Fase I
Membagi
Kelompok
|
1. Guru membagi peserta didik kedalam 4
kelompok
|
|
|
|
|
2. Guru membagikan LKPD kepada setiap
kelompok
|
|
|
|
|
|
3.
Guru memeriksa
dan memberikan penilaian terhadap kelengkapan alat dan bahan percobaan
kelompok
|
|
|
|
|
|
4. Guru menjelaskan LKPD/Bacaan
|
|
|
|
|
|
Fase II
Membuat
Hipotesis
|
1.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berkonsultasi dalam membuat hipotesis
|
|
|
|
|
2.
Guru membimbing peserta
didik dalam menentukan hipotesis yang relevan
|
|
|
|
|
|
Fase III
Merancang
Percobaan
|
1.
Guru membimbing
dan mengamati peserta didik dalam melakukan percobaan
|
|
|
|
|
2.
Guru menjelaskan
proses eksperimen kepada kelompok yang belum mengerti
|
|
|
|
|
|
3. Guru menilai peserta didik dan
kelompok
|
|
|
|
|
|
Fase IV
Melakukan
Percobaan
|
1.
Guru membimbing peserta
didik untuk mendapatkan informasi dari percobaan/Bacaan
|
|
|
|
|
2.
Guru membimbing
peserta didik untuk mengumpulkan data hasil percobaan
|
|
|
|
|
|
Fase VI
Menganalisis
Data
|
1.
Guru memberikan kesempatan
kepada setiap kelompok untuk menganalisis data dan membuat kesimpulan
|
|
|
|
|
2.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab soal yang ada pada LKPD
|
|
|
|
|
|
Fase VII
Diskusi
|
1.
Guru meminta
kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
|
|
|
|
2. Guru menilai peserta setiap kelompok
|
|
|
|
|
|
3.
Guru meminta
kepada peserta didik untuk bertanya, menanggapi atau menambah kepada kelompok
penyaji
|
|
|
|
|
|
4.
Guru memberikan
penilaian kepada peserta didik yang bertanya, menanggapi atau menambahkan
|
|
|
|
|
|
5.
Guru memberikan
penilaian kepada peserta didik yang menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
Penutup
|
1.
Guru menanyakan
manfaat apa yang diperoleh peserta didik pada percobaan kali ini
|
|
|
|
|
2. Guru bersama peserta didik menarik
kesimpulan akhir
|
|
|
|
|
|
3.
Guru memberitahukan
kepada peserta didik materi pelajaran selanjutnya, dan memberikan tugas
|
|
|
|
|
|
4.
Guru menutup
pelajaran dengan memberikan pesan moral dan mengucapkan salam
|
|
|
|
|
Banda
Aceh,..............2018
.........................................
(Observer)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar