ANGKET RESPON GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Nama :
Sekolah :
Jurusan
Kuliah:
A.
Pendahuluan
Tujuan dari
pengisian angket ini adalah untuk mendapatkan data atau informasi dari guru
mengenai implementasi kurikulum 2013 di sekolah-sekolah dasar. Informasi yang
Bapak/Ibu berikan sangat berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan
kedepannya, khususnya dalam proses peningkatan mutu pendidikan.
B.
Petunjuk
Penggunaan Angket
Pernyataan yang
ada dalam angket ini menggambarkan keadaaan selama menggunakan kurikulum 2013.
Angket ini menyediakan empat jawaban. Pilihlah salah satu dengan membubuhkan
tanda contreng (√) pada jawaban yang Bapak/Ibu anggap paling tepat dan paling
mewakili kondisi yang sesungguhnya.
Berilah
tanda contreng (
) pada jawaban yang Bapak/Ibu rasa
tepat, berdasarkan kriteria dibawah ini;
4 = Sangat Setuju
3 = Setuju
2 = Kurang Setuju
1 = Tidak Setuju
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
1
|
Saya sering
mengikuti pelatihan kurikulum 2013
|
||||
2
|
Sebagai
seorang guru saya mengetahui bahwa kurikulum 2013 adalah penyempurnaan dari
kurikulum sebelumnya
|
||||
3
|
Saya
mengetahui bahwa kurikulum 2013 diharapkan mampu mengahsilkan rakyat
Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, efektif
|
||||
4
|
Saya sering
bertukar pendapat dengan sesama guru tentang penerapan kurikulum 2013
|
||||
5
|
Kurikulum 2013
lebih terarah daripada kurikulum sebelumnya
|
||||
6
|
Saya tidak
kesulitan menerapkan kurikulum 2013
|
||||
7
|
Kurikulum 2013
cocok untuk diterapkan di daerah terpencil
|
||||
8
|
Kurikulum 2013
menjadikan peserta didik lebih mandiri
|
||||
9
|
Sebelum
memulai pelajaran saya mempersiapkan perangkat pembelajaran terlebih dahulu
|
||||
10
|
Silabus yang
disusun pemerintah sudah sesuai dengan kondisi pendidikan disekolah
|
||||
11
|
Silabus yang
disusun pemerintah cocok diterapkan disekolah tanpa pengembangan
|
||||
12
|
Saya
mengembangkan silabus yang diterapkan pemerintah agar cocok untuk sekolah ini
|
||||
13
|
RPP yang saya
susun sudah berdasarkan silabus
|
||||
14
|
Saya mengambil
RPP di internet
|
||||
15
|
Saya membuat
RPP sendiri berdasarkan kondisi peserta didik
|
||||
16
|
RPP yang sudah
saya susun sudah sesuai dengan kondisi satuan pendidikan sekolah
|
||||
17
|
RPP yang saya
susun sudah sesuai dengan silabus
|
||||
18
|
RPP yang saya
susun dapat dapat mendorong partisipasi peserta didik
|
||||
19
|
RPP yang saya
susun sudah sesuai dengan tujuan kurikulum 2013
|
||||
20
|
RPP yang saya
susun memiliki keterpaduan dan keterkaitan antara satu materi pelajaran
dengan materi pelajaran lainnya
|
||||
21
|
Buku teks yang
diberikan pemerintah sesuai dengan topik pelajaran
|
||||
22
|
Saya
menggunakan buku teks yang dibagikan pemerintah
|
||||
23
|
Saya menggunakan
buku lain sebagai penunjang buku yang diberikan pemerintah
|
||||
24
|
Saya telah
menentukan sumber belajar yang disesuaikan pada standar kompetensi dasar
serta materi pokok pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi
|
||||
25
|
Buku tematik kurikulum
2013 mudah digunakan
|
||||
26
|
Buku tematik
memuat banyak soal dan contoh soal
|
||||
27
|
Pelaksanaan
pembelajaran yang saya lakukan didalam kelas terdiri dari kegiatan awal,
kegiatan inti dan kegiatan akhir
|
||||
28
|
Pembelajaran
yang saya lakukan berpusat pada peserta didik
|
||||
29
|
Pembelajaran
yang saya lakukan memuat nilai, etika, estetika, logika dan kinestetika
|
||||
30
|
Saya mengajar
dengan menggunakan metode scientific
|
||||
31
|
Saya
menggabungkan beberapa model pembelajaran sesuai dengan materi
|
||||
32
|
Saya
menggabungkan beberapa model pembelajaran sesuai dengan kondisi peserta didik
|
||||
33
|
Saya
menggunakan berbagai model pembelajaran agar, apa yang diharapkan pada
kurikulum 2013 dapat tercapai
|
||||
34
|
Dalam mengajar
saya mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar
|
||||
35
|
Dalam proses
belajar mengajar saya menggunakan pendekatan scientific
|
||||
36
|
Dengan
pembelajaran scientific saya dapat
mendorong peserta didik berpikir kritis, analitis dan tepat dalam
mengidentisifikasi, memecahkan masalah dan mengaplikasikan materi
pembelajaran
|
||||
37
|
Dengan
pembelajaran scientific mampu
mendorong dan mengispirasi peserta didik dalam belajar
|
||||
38
|
Saya
merumuskan tujuan pembelajaran secara sederhana dan jelas, namun menarik
sistem penyajiannya
|
||||
39
|
Instrumen
penilaian yang saya susun sudah sesuai dengan teknik penilaian kurikulum 2013
|
||||
40
|
Saya
menggunakan teknik penilaian yang bervariasi
|
||||
41
|
Saya melakukan
penilaian sesuai dengan acuan yang telah ditetapkan pemerintah
|
||||
42
|
Saya memahami
bahwa kurikulum 2013, penilaian peserta didik dilakukan secara terus menerus
|
||||
43
|
Saya tidak
kesulitan dalam menilai pengetahuan peserta didik
|
||||
44
|
Saya tidak
kesulitan dalam menilai keterampilan peserta didik
|
||||
45
|
Saya tidak
kesulitan dalam menilai sikap peserta didik
|
||||
46
|
Saya
menggunakan penilain yang ada di
internet
|
||||
47
|
Saya
memodifikasi penilaian yang ada di internet sesuai dengan kebutuhan sekolah
dan sesuai dengan acuan kurikulum 2013
|
||||
48
|
Saya memakai
penilaian yang ada di buku, apabila cocok dengan materi yang saya ajarkan
|
||||
49
|
Penilaian
autentik dapat memacu peserta didik untuk semangat belajar
|
||||
50
|
Saya saling
bertukar pendapat dengan guru bagaimana memberikan penilaian autentik
|
||||
Jumlah Total
|
Untuk kisi-kisinya.. SObat DP bisa lihat di link di bawah ini. cuma klik dan lansung membawamu ke kisi-kisi 😂😂😂
https://coretananakpendidikan.blogspot.com/2018/11/kisi-kisi-angket-respon-guru.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar