iklan

Selasa, 27 November 2018

Angket Respon Guru Kurikulum 2013


ANGKET RESPON GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Nama               :
Sekolah           :
Jurusan Kuliah:

A.  Pendahuluan
Tujuan dari pengisian angket ini adalah untuk mendapatkan data atau informasi dari guru mengenai implementasi kurikulum 2013 di sekolah-sekolah dasar. Informasi yang Bapak/Ibu berikan sangat berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan kedepannya, khususnya dalam proses peningkatan mutu pendidikan.

B.  Petunjuk Penggunaan Angket
Pernyataan yang ada dalam angket ini menggambarkan keadaaan selama menggunakan kurikulum 2013. Angket ini menyediakan empat jawaban. Pilihlah salah satu dengan membubuhkan tanda contreng (√) pada jawaban yang Bapak/Ibu anggap paling tepat dan paling mewakili kondisi yang sesungguhnya.

Berilah tanda contreng ( ) pada jawaban yang Bapak/Ibu rasa tepat, berdasarkan kriteria dibawah ini;
                        4 = Sangat Setuju
                        3 = Setuju
                        2 = Kurang Setuju
                        1 = Tidak Setuju

No
Pernyataan
SS
S
KS
TS
1
Saya sering mengikuti pelatihan kurikulum 2013




2
Sebagai seorang guru saya mengetahui bahwa kurikulum 2013 adalah penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya




3
Saya mengetahui bahwa kurikulum 2013 diharapkan mampu mengahsilkan rakyat Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, efektif




4
Saya sering bertukar pendapat dengan sesama guru tentang penerapan kurikulum 2013




5
Kurikulum 2013 lebih terarah daripada kurikulum sebelumnya




6
Saya tidak kesulitan menerapkan kurikulum 2013




7
Kurikulum 2013 cocok untuk diterapkan di daerah terpencil




8
Kurikulum 2013 menjadikan peserta didik lebih mandiri




9
Sebelum memulai pelajaran saya mempersiapkan perangkat pembelajaran terlebih dahulu




10
Silabus yang disusun pemerintah sudah sesuai dengan kondisi pendidikan disekolah




11
Silabus yang disusun pemerintah cocok diterapkan disekolah tanpa pengembangan




12
Saya mengembangkan silabus yang diterapkan pemerintah agar cocok untuk sekolah ini




13
RPP yang saya susun sudah berdasarkan silabus




14
Saya mengambil RPP di internet




15
Saya membuat RPP sendiri berdasarkan kondisi peserta didik




16
RPP yang sudah saya susun sudah sesuai dengan kondisi satuan pendidikan sekolah




17
RPP yang saya susun sudah sesuai dengan silabus




18
RPP yang saya susun dapat dapat mendorong partisipasi peserta didik




19
RPP yang saya susun sudah sesuai dengan tujuan kurikulum 2013




20
RPP yang saya susun memiliki keterpaduan dan keterkaitan antara satu materi pelajaran dengan materi pelajaran lainnya




21
Buku teks yang diberikan pemerintah sesuai dengan topik pelajaran




22
Saya menggunakan buku teks yang dibagikan pemerintah




23
Saya menggunakan buku lain sebagai penunjang buku yang diberikan pemerintah




24
Saya telah menentukan sumber belajar yang disesuaikan pada standar kompetensi dasar serta materi pokok pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi




25
Buku tematik kurikulum 2013 mudah digunakan




26
Buku tematik memuat banyak soal dan contoh soal




27
Pelaksanaan pembelajaran yang saya lakukan didalam kelas terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir




28
Pembelajaran yang saya lakukan berpusat pada peserta didik




29
Pembelajaran yang saya lakukan memuat nilai, etika, estetika, logika dan kinestetika




30
Saya mengajar dengan menggunakan metode scientific




31
Saya menggabungkan beberapa model pembelajaran sesuai dengan materi




32
Saya menggabungkan beberapa model pembelajaran sesuai dengan kondisi peserta didik




33
Saya menggunakan berbagai model pembelajaran agar, apa yang diharapkan pada kurikulum 2013 dapat tercapai




34
Dalam mengajar saya mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar




35
Dalam proses belajar mengajar saya menggunakan pendekatan scientific




36
Dengan pembelajaran scientific saya dapat mendorong peserta didik berpikir kritis, analitis dan tepat dalam mengidentisifikasi, memecahkan masalah dan mengaplikasikan materi pembelajaran




37
Dengan pembelajaran scientific mampu mendorong dan mengispirasi peserta didik dalam belajar




38
Saya merumuskan tujuan pembelajaran secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya




39
Instrumen penilaian yang saya susun sudah sesuai dengan teknik penilaian kurikulum 2013




40
Saya menggunakan teknik penilaian yang bervariasi




41
Saya melakukan penilaian sesuai dengan acuan yang telah ditetapkan pemerintah




42
Saya memahami bahwa kurikulum 2013, penilaian peserta didik dilakukan secara terus menerus




43
Saya tidak kesulitan dalam menilai pengetahuan peserta didik




44
Saya tidak kesulitan dalam menilai keterampilan peserta didik




45
Saya tidak kesulitan dalam menilai sikap peserta didik




46
Saya menggunakan penilain yang ada di  internet




47
Saya memodifikasi penilaian yang ada di internet sesuai dengan kebutuhan sekolah dan sesuai dengan acuan kurikulum 2013




48
Saya memakai penilaian yang ada di buku, apabila cocok dengan materi yang saya ajarkan




49
Penilaian autentik dapat memacu peserta didik untuk semangat belajar




50
Saya saling bertukar pendapat dengan guru bagaimana memberikan penilaian autentik




Jumlah Total





Untuk kisi-kisinya.. SObat DP bisa lihat di link di bawah ini. cuma klik dan lansung membawamu ke kisi-kisi 😂😂😂
https://coretananakpendidikan.blogspot.com/2018/11/kisi-kisi-angket-respon-guru.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...