LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Problem
Based Learning
Nama Sekolah : SMA
Kelas :
Mata Pelajaran: Fisika
Materi : Gelombang
Kelompok :
Anggota :
1)..........................................................
2)..........................................................
3)..........................................................
4)..........................................................
5)..........................................................
Tujuan Eksperimen
|
Mengamati dan mengidentifikasi
(Mengaitkan)
3.11.1 Mengamati proses
terjadinya berbagai macam gelombang.
3.11.2 Mengidentifikasi
gelombang transversal dan longitudinal
3.11.3
Mengidentifikasi contoh penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
Menyebutkan (Bekerjasama)
3.11.4 Menyebutkan contoh
gelombang tranversal dan longitudinal dalam kehidupan sehari-hari
3.11.5 Menyebutkan contoh
gelombang ujung terikat dan ujung bebas dalam kehidupan sehari-hari
Menganalisis (Melakukan)
3.11.6 Menganalisis dan membandingkan
jumlah perut dan simpul pada ujung terikat dan ujung bebas.
3.11.7 Menganalisis jumlah
gelombang yang terjadi pada ujung terikat dan ujung bebas dengan panjang tali
sama.
Menjelaskan (Menerapkan)
3.11.8 Menjelaskan pengaruh
ikatan ujung bebas dan ujung terikat terhadap gelombang
3.11.9 Menjelaskan pengaruh
panjang tali terhadap gelombang
3.11.10 Menjelaskan pengertian
rapatan dan renggangan
3.11.11
Menjelaskan cara terjadinya gelombang pada slingki
3.11.12 Menjelaskan
pengaruh panjang slingki terhadap banyaknya gelombang
Menyimpulkan (Mentransfer)
3.11.13
Menyimpulkan persamaan dan perbedaan gelombang transversal dan longitudinal
3.11.14
Menyimpulkan tentang gelombang ujung terikat dan ujung bebas
Mengaitkan
|
Guru mengaitkan gelombang
sehari-hari dengan gambar yang ditampilkan
Bekerjasama dan Mengaitkan
|
Peserta didik bekerjasama dengan guru untuk mengaitkan gambar
yang ditunjukkan oleh guru dengan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan
percobaan.
Alat dan bahan
1.
Tali yang keras sebanyak 3 pilihan diameter yang
berbeda dengan panjang masing-masing 4 m, 5 m dan 6 m.
2.
Karet Ban sepeda motor sebanyak 3 pilihan
diameter yang berbeda dengan panjang masing-masing 4 m, 5 m dan 6 m
3.
Slingki
Langkah Kerja
Kerjasama, melakukan dan menerapkan
|
1) Percobaan 1
1.
Ikatkan salah satu ujung tali dengan bebas pada
kayu
2.
Pegang salah satu ujung kayu secara tegak lurus
3.
Lalu angkatlah ujung tali lainnya secara tegak
lurus (atas ke bawah) satu kali dengan sentakan kecil
4.
Amati arah rambat gelombangnya
5.
Lanjutkan dengan beberapa sentakan untuk melihat
gelombang yang terbentuk pada tali
6.
Kemudian gantilah arah sentakan tali
7.
Berilah sentakan tali sekali ke arah samping
8.
Amati arah rambat gelombangnya
9.
Terakhir, sentakkan tali beberapa kali
10.
Lihat apa yang terjadi pada tali dan bagaimana
arah rambat gelombangnya
11.
Lakukan hal yang sama pada jenis tali lainnya
seperti langkah-langkah di atas
12.
Masukkan hasil percobaan pada Tabel pengamatan 1
Tabel Pengamatan 1
No
|
Jenis
Tali
|
Diameter
Tali
|
Massa
Tali
|
Panjang
Tali
|
Jumlah
Gelombang yang dibentuk
|
|
Vertikal
|
Horizontal
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
2) Percobaan 2
Kerjasama, melakukan dan menerapkan
|
1.
Selanjutnya ikatlah salah satu ujung tali secara
ketat pada kayu
2.
Pegang salah satu ujung kayu secara tegak lurus
3.
Lalu angkatlah ujung tali lainnya secara tegak
lurus (atas ke bawah) satu kali dengan sentakan kecil
4.
Amati arah rambat gelombangnya
5.
Untuk melihat beberapa gelombang pada tali, maka
lakukanlah beberapa sentakan secara berturut-turut
6.
Kemudian gantilah arah sentakan tali
7.
Berilah sentakan tali sekali ke arah samping
8.
Amati arah rambat gelombangnya
9.
Terakhir, sentakkan tali beberapa kali
10.
Lihat apa yang terjadi pada tali dan bagaimana
arah rambat gelombangnya
11.
Ulangi langkah yang sama dengan tali-tali
lainnya
12.
Masukkan hasil pengamatan pada Tabel 2
Tabel Pengamatan 2
No
|
Jenis
Tali
|
Diameter
Tali
|
Massa
Tali
|
Panjang
Tali
|
Jumlah
Gelombang yang dibentuk
|
|
Vertikal
|
Horizontal
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
3) Percobaan 3
Kerjasama, melakukan dan menerapkan
|
1.
Letakkan slinki di atas lantai, selanjutnya
mintalah salah satu anggota kelompokmu untuk memegang salah satu ujung slinki
2.
Berilah sentakan slinki sekali ke arah samping
3.
Amati apa yang terjadi pada slinki
4.
Selanjutnya, berilah beberapa kali sentakan ke
arah samping
5.
Amati arah rambat gelombangnya
6.
Rapatkan dan tarik slingki lihatlah rapatan dan
renggangan yang dihasilkan slingki
7.
Simpulkanlah apa yang kamu pahami dari percoban
slingki
|
Peserta didik mentransfer ilmu yang
didapat dalam percobaan dengan menjawab soal
dan presentasi.
1.
Apa yang dimaksud dengan gelombang berjalan?
Jawaban:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Apa yang dimaksud dengan gelombang stasioner?
Jawaban:.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Amati ujung yang terikat bebas pada kayu!
Bagaimana pengaruh ikatan terhadap gelombang?
Jawab:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Apakah panjang tali berpengaruh terhadap banyak
gelombang? Jelaskan!
Jawab:...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Bagaimana yang dimaksud dengan renggangan dan
rapatan?
Jawab:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.
Bagaimana terjadingan gelombang pada slingki?
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.
Apakah gelombang yang terjadi pada slingki
berpengaruh memiliki rapatan dan renggangan? Jelaskan!
Jawab:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8.
Apakah tingkat kelenturan slingki berpengaruh
terhadap banyaknya gelombang?
Jawab:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
9.
Apakah panjang slingki berpengaruh terhadap
banyaknya gelombang? Jelaskan!
Jawab:........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar