iklan

Senin, 03 Desember 2018

LKPD Problem Based Learning


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)  
Problem Based Learning

Nama Sekolah : SMA
Kelas               :
Mata Pelajaran: Fisika
Materi              : Gelombang
Kelompok       :
Anggota          :
                        1)..........................................................
                        2)..........................................................
                        3)..........................................................
4)..........................................................
5)..........................................................
Tujuan Eksperimen
 


Mengamati dan mengidentifikasi
(Mengaitkan)
3.11.1 Mengamati proses terjadinya berbagai macam gelombang.
3.11.2 Mengidentifikasi gelombang transversal dan longitudinal
3.11.3 Mengidentifikasi contoh penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari

Menyebutkan (Bekerjasama)
3.11.4 Menyebutkan contoh gelombang tranversal dan longitudinal dalam kehidupan sehari-hari
3.11.5 Menyebutkan contoh gelombang ujung terikat dan ujung bebas dalam kehidupan sehari-hari

Menganalisis (Melakukan)
3.11.6 Menganalisis dan membandingkan jumlah perut dan simpul pada ujung terikat dan ujung bebas.
3.11.7 Menganalisis jumlah gelombang yang terjadi pada ujung terikat dan ujung bebas dengan panjang tali sama.
Menjelaskan (Menerapkan)
3.11.8 Menjelaskan pengaruh ikatan ujung bebas dan ujung terikat terhadap gelombang
3.11.9 Menjelaskan pengaruh panjang tali terhadap gelombang
3.11.10 Menjelaskan pengertian rapatan dan renggangan
3.11.11 Menjelaskan cara terjadinya gelombang pada slingki
3.11.12 Menjelaskan pengaruh panjang slingki terhadap banyaknya gelombang

Menyimpulkan (Mentransfer)
3.11.13 Menyimpulkan persamaan dan perbedaan gelombang transversal dan longitudinal
3.11.14 Menyimpulkan tentang gelombang ujung terikat dan ujung bebas




Mengaitkan
 


Guru mengaitkan gelombang sehari-hari dengan gambar yang ditampilkan

Bekerjasama dan Mengaitkan

 


Peserta didik bekerjasama dengan guru untuk mengaitkan gambar yang ditunjukkan oleh guru dengan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan.
Alat dan bahan
1.      Tali yang keras sebanyak 3 pilihan diameter yang berbeda dengan panjang masing-masing 4 m, 5 m dan 6 m.
2.      Karet Ban sepeda motor sebanyak 3 pilihan diameter yang berbeda dengan panjang masing-masing 4 m, 5 m dan 6 m
3.      Slingki

Langkah Kerja
Kerjasama, melakukan dan menerapkan
 


1)      Percobaan 1
1.        Ikatkan salah satu ujung tali dengan bebas pada kayu
2.        Pegang salah satu ujung kayu secara tegak lurus
3.        Lalu angkatlah ujung tali lainnya secara tegak lurus (atas ke bawah) satu kali dengan sentakan kecil
4.        Amati arah rambat gelombangnya
5.        Lanjutkan dengan beberapa sentakan untuk melihat gelombang yang terbentuk pada tali
6.        Kemudian gantilah arah sentakan tali
7.        Berilah sentakan tali sekali ke arah samping
8.        Amati arah rambat gelombangnya
9.        Terakhir, sentakkan tali beberapa kali
10.    Lihat apa yang terjadi pada tali dan bagaimana arah rambat gelombangnya
11.    Lakukan hal yang sama pada jenis tali lainnya seperti langkah-langkah di atas
12.    Masukkan hasil percobaan pada Tabel pengamatan 1

Tabel Pengamatan 1
No
Jenis Tali
Diameter Tali
Massa Tali
Panjang Tali
Jumlah Gelombang yang dibentuk
Vertikal
Horizontal




































2)      Percobaan 2
Kerjasama, melakukan dan menerapkan

 


1.        Selanjutnya ikatlah salah satu ujung tali secara ketat pada kayu
2.        Pegang salah satu ujung kayu secara tegak lurus
3.        Lalu angkatlah ujung tali lainnya secara tegak lurus (atas ke bawah) satu kali dengan sentakan kecil
4.        Amati arah rambat gelombangnya
5.        Untuk melihat beberapa gelombang pada tali, maka lakukanlah beberapa sentakan secara berturut-turut
6.        Kemudian gantilah arah sentakan tali
7.        Berilah sentakan tali sekali ke arah samping
8.        Amati arah rambat gelombangnya
9.        Terakhir, sentakkan tali beberapa kali
10.    Lihat apa yang terjadi pada tali dan bagaimana arah rambat gelombangnya
11.    Ulangi langkah yang sama dengan tali-tali lainnya
12.    Masukkan hasil pengamatan pada Tabel 2
Tabel Pengamatan 2
No
Jenis Tali
Diameter Tali
Massa Tali
Panjang Tali
Jumlah Gelombang yang dibentuk
Vertikal
Horizontal



































3)      Percobaan 3
Kerjasama, melakukan dan menerapkan

 


1.        Letakkan slinki di atas lantai, selanjutnya mintalah salah satu anggota kelompokmu untuk memegang salah satu ujung slinki
2.        Berilah sentakan slinki sekali ke arah samping
3.        Amati apa yang terjadi pada slinki
4.        Selanjutnya, berilah beberapa kali sentakan ke arah samping
5.        Amati arah rambat gelombangnya
6.        Rapatkan dan tarik slingki lihatlah rapatan dan renggangan yang dihasilkan slingki
7.        Simpulkanlah apa yang kamu pahami dari percoban slingki




Mentrasfer
Peserta didik mentransfer ilmu yang didapat dalam percobaan dengan menjawab soal
dan presentasi.
1.        Apa yang dimaksud dengan gelombang berjalan?
Jawaban:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.        Apa yang dimaksud dengan gelombang stasioner?
Jawaban:.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
      
3.        Amati ujung yang terikat bebas pada kayu! Bagaimana pengaruh ikatan terhadap gelombang?
Jawab:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.        Apakah panjang tali berpengaruh terhadap banyak gelombang? Jelaskan!
Jawab:...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5.        Bagaimana yang dimaksud dengan renggangan dan rapatan?
Jawab:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

6.        Bagaimana terjadingan gelombang pada slingki?
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

7.        Apakah gelombang yang terjadi pada slingki berpengaruh memiliki rapatan dan renggangan? Jelaskan!
Jawab:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8.        Apakah tingkat kelenturan slingki berpengaruh terhadap banyaknya gelombang?
Jawab:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

9.        Apakah panjang slingki berpengaruh terhadap banyaknya gelombang? Jelaskan!
Jawab:........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...