LEMBARAN
KERJA SISWA (LKS) INKUIRI
Judul :
Getaran Harmonis Sederhana
Mata Pelajaran :
FISIKA
Kelas :
XI/II
Materi Pokok : Getaran Harmonis
Pada Bandul
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A. Kompetensi
Dasar
1.
Menganalisis hubungan
antara gaya dan gerak getaran
2.
Merencanakan dan
melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul
3.
Indikator
1. Menjelaskan pengertian getaran
harmonis.
2. Menganalisis karakteristik
besaran-besaran fisis getaran harmonis pada bandul.
3. Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi getaran harmonis pada bandul
4. Melakukan
percobaan menggunakan bandul untuk
mengamati pengaruh panjang tali dan massa bandul terhadap periode getaran dan
frekuensi getar pada gerak harmonis
sederhana.
4.
Tujuan Percobaan
1. Siswa
memahami gerak osilasi (harmonik).
2. Siswa
memahami konsep-konsep fisika yang terkait dengan osilasi bandul sederhana (seperti
periode (T), frekuensi (f), percepatan gravitasi
(g), dan lain-lain).
3. Siswa
dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi periode osilasi bandul sederhana.
4. Siswa
dapat merumuskan hubungan antara periode osilasi bandul (T) dengan panjang tali (L) dan percepatan gravitasi
(g).
5.
Alat dan Bahan
-
Batang statif - Stopwatch
-
Bola - Benang
-
Busur lingkaran
-
Meteran / Penggaris
I.
Kegiatan Praktikum
(Panduan LKS)
(siswa membuat langkah praktikum berdasarkan
bimbingan dan arahan guru)
Panduan oleh
guru untuk mendapatkan langkah kerja praktikum Sbb:
a.
Berdasarkan hasil
pengamatan (observasi) pada kegiatan sebelumnya, apa saja yang menjadi variabel
bebas dan variable terikat ?
b.
Untuk
mendapatkan hubungan fungsional hubungan
panjang talu terhadap
perioda, peralatan
apa saja
yang diperlukan? Peralatan mana yang perlu divariasikan
dan peralatan
mana yang tidak perlu ?
c.
Bagaimana set-up
peralatan untuk praktikum ini?
d.
Jenis data apa saja
yang harus diperoleh melalui praktikum ini untuk menjawab permasalahan di atas?
e.
Bagaimana bentuk tabel
yang diperlukan untuk koleksi data dalam praktikum ini sesuai variabel yang
telah di identifikasi?
f.
Untuk melihat kebergantungan
antara perubahan panjang tali (l), bagaimana langkah yang harus dilakukan
?
II. Pertanyaan
Analisis
1. Apakah data yang anda peroleh, sesuai dengan hasil
prediksi anda bahwa T2 sebanding dengan L?
2. Bagaimana data untuk hubungan antara T dengan g?
3. Jika data pada tabel ditranslasi dalam bentuk grafik
hubungan T2 terhadap L untuk nilai g tertentu? Maka akan diperoleh
grafik fungsi seperti apa? Gambarkan!
4. Jika grafik hubungan T2 terhadap m untuk nilai
k tertentu adalah linier, berapakah gradien (kemiringan) nya?
5. Apakah makna kemiringan grafik hubungan T2
terhadap L untuk nilai g tertentu, berdasarkan hubungan yang telah anda
prediksikan? Tentukan nilai c pada persamaan prediksi anda!
6. Dengan diperolehnya
nilai c, bagaimanakah bentuk kebergantungan T terhadap L dan g sekarang?
7. Jadi apa yang dapat anda temukan dari kegiatan praktikum
yang telah dilakukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar