iklan

Senin, 03 Desember 2018

LKPD INKUIRI GETARAN HARMONIS SEDERHANA

LEMBARAN KERJA SISWA (LKS) INKUIRI

Judul                       : Getaran Harmonis Sederhana 
Mata Pelajaran       : FISIKA
Kelas                        : XI/II
Materi Pokok          : Getaran Harmonis Pada Bandul
Alokasi Waktu        : 2 x 45 menit

A.    Kompetensi Dasar
1.      Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
2.      Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul
3.      Indikator
1.      Menjelaskan pengertian getaran harmonis.
2.      Menganalisis karakteristik besaran-besaran fisis getaran harmonis pada bandul.
3.      Menjelaskan faktor yang mempengaruhi getaran harmonis pada bandul
4.      Melakukan percobaan menggunakan bandul untuk mengamati pengaruh panjang tali dan massa bandul terhadap periode getaran dan frekuensi getar pada gerak harmonis sederhana.
4.      Tujuan Percobaan
1.      Siswa memahami gerak osilasi (harmonik).
2.      Siswa memahami konsep-konsep fisika yang terkait dengan osilasi bandul sederhana (seperti periode (T), frekuensi (f), percepatan gravitasi (g), dan lain-lain).
3.      Siswa dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi periode osilasi bandul sederhana.
4.      Siswa dapat merumuskan hubungan antara periode osilasi bandul (T) dengan panjang tali (L) dan percepatan gravitasi (g).
5.      Alat dan Bahan
-          Batang statif                             -  Stopwatch
-          Bola                                          -  Benang
-          Busur lingkaran
-          Meteran / Penggaris

I.          Kegiatan Praktikum (Panduan LKS)
(siswa membuat langkah praktikum berdasarkan bimbingan dan arahan guru)
Panduan oleh guru untuk mendapatkan langkah kerja praktikum Sbb:
a.    Berdasarkan hasil pengamatan (observasi) pada kegiatan sebelumnya, apa saja yang menjadi variabel bebas dan variable terikat ?
b.    Untuk mendapatkan hubungan fungsional hubungan panjang talu terhadap perioda, peralatan apa saja yang diperlukan? Peralatan mana yang perlu divariasikan dan peralatan mana yang tidak perlu ?
c.    Bagaimana set-up peralatan untuk praktikum ini?
d.   Jenis data apa saja yang harus diperoleh melalui praktikum ini untuk menjawab permasalahan di atas?
e.    Bagaimana bentuk tabel yang diperlukan untuk koleksi data dalam praktikum ini sesuai variabel yang telah di identifikasi?
f.     Untuk melihat kebergantungan antara perubahan panjang tali (l), bagaimana langkah yang harus dilakukan ?
II.       Pertanyaan Analisis
1.      Apakah data yang anda peroleh, sesuai dengan hasil prediksi anda bahwa T2 sebanding dengan L?
2.      Bagaimana data untuk hubungan antara T dengan g?
3.      Jika data pada tabel ditranslasi dalam bentuk grafik hubungan T2 terhadap L untuk nilai g tertentu? Maka akan diperoleh grafik fungsi seperti apa? Gambarkan!
4.      Jika grafik hubungan T2 terhadap m untuk nilai k tertentu adalah linier, berapakah gradien (kemiringan) nya?
5.      Apakah makna kemiringan grafik hubungan T2 terhadap L untuk nilai g tertentu, berdasarkan hubungan yang telah anda prediksikan? Tentukan nilai c pada persamaan prediksi anda!
6.      Dengan diperolehnya  nilai c, bagaimanakah bentuk kebergantungan T terhadap L dan g sekarang?
7.      Jadi apa yang dapat anda temukan dari kegiatan praktikum yang telah dilakukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...