RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : UPTD SD Negeri 27 Sawang
Kelas/ Semester : IV / 2
Tema 7 :
Indahnya Keragaman di Negeriku
Sub Tema 3 : Keragaman Suku
Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI
3 : Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.7 Menggali pengetahuan baru yan
terdapat pada teks
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks non fiksi ke dalam tulisan
dengan bahasa sendiri
Indikator
a. Menemukan
informasi tentang suku bangsa di Indonesia
b. Menyebutkan
informasi baru mengenai suku bangsa di Indonesia
c. Menuliskan
kata sulit dalam bacaan dan mampu menjelaskan artinya tepat
d. Menjelaskan
dan menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dengan benar
IPA
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya
listrik, gaya magnet, gaya grafitasi dan gaya gesekan.
4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari,
misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya grafitasi dan gaya gesekan.
Indikator
a. Menjelaskan
pengertian gaya
b. Menjelaskan
pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan,
siswa mampu menemukan tentang infrmasi suku bangsa di Indonesia dengan benar.
2.
Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan
informasi baru mengenai suku bangsa yang ada di Indonesia dengan tepat.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata
sulit dalam bacaan dan mampu menjelaskan artinya dengan tepat.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan
enuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar
5.
Setelah melakukan percobaan, siswa mampu
menjelaskan pengertian gaya dengan tepat.
6.
Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa
mampu menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan
tepat.
D. Materi Pembelajaran
1.
Menemukan informasi tentang suku bangsa yang ada
di Indonesia.
2.
Menuliskan kata sulit dalam bentuk tabel dan
dapat memahami artinya.
3.
Menyebutkan pokok pikiran dalam setiap paragraf
dalam teks bacaan.
4.
Menjelaskan pengaruh gaya terhadap benda.
5.
Menentukan macam-macam gaya.
6.
Menemukan informasi baru daam teks.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : Permainan/Simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan
ceramah
Karakteristik yang diharapkan:
Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut keyakinan masing-masing
2. Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3. Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Keberagaman di Negeriku”.
4. Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa membaca tekas dan mengamati gambar pada
buku siswa sebagai pembuka kegiatan pembelajaran
2.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjawab
pertanyaan pada buku siswa
3.
Siswa menjawab pertanyaan tersebut untuk
menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang topik yang akan dipelajari.
4.
Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang
ada di indonesia
5.
Siswa membuat daftar kata sulit dari teks
bacaan, selanjutnya mencarai artinya dari kamus Besar Bahasa Indonesia lalu
menuliskannya dalam buku catatan.
Contoh:
·
Slogan artinya kalimat pendek yang menarik dan
mudah diingat
·
Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah
penduduk dalam jangka waktu tertentu oleh pemerintah
·
Adat artinya aturan atau kebiasaan yang telah
dilakukan sejak dahulu
6.
Siswa berdiskusi kelompok untuk melengkapi
tabel kata-kata sulit dan artinya dari teks bacaan pada buku siswa . hasil
pekerjaan ini dapat digunkan untuk bahan tanya jawab antar siswa.
7.
Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran
setiap paragraf dalam bacaan
8.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk memebacakan
hasil diskusi kelompok mereka.
Hasil yang diharapkan:
·
Sikap cermat dan teliti siswa pada saat
membaca teks bacaan
·
Pengetahuan tentang suku bansa yang ada di
Indonesia
·
Keterampilan siswa dalam menuliskan dan
menceritakan informasi baru yang mereka dapatkan dalam teks bacaan.
Catatan:
·
Kegiatan ini digunakan untuk memahamnkan
kepada siswa tentang KD Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
9.
Siswa mengamati gambar beberapa alat
trasportasi tradisional menggunakan tenaga hewan dari berbagai daerah di
Indonesia
10. Siswa
menceritakan alat transportasi tradisional yang oernah ditemui, baik
didaerahnya sendiri maupun dari daerah lain.
11. Siswa
menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban yang diharapkan adalah: saat
kuda atau kerbau menarik bendi atau oedati, maka bendi atau pedati akan
bergerak (berpindah tempat)
12. Siswa
menuliskan hasil percobaan dalam tabel pengamatan
Catatan:
·
Gaya dapat menyebabkan benda berpindah tempat.
Gaya juga dapat menyebabkan perubahan bentuk benda.
13. Siswa
menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan atau dilihat, lalu
membacaknnya didepan kelas.
14. Siswa
mengamati gambar pada buku siswa, lalu menentukan macam-macam gaya yang
bekerja beserta pengaruhnya terhadap benda.
Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut:
·
Mobil pada gambar dapat bergerak karena di
dorong menggunakan kekuatan otot.
·
Lampu dapat menyala karena adaka aliran
listrik.
·
Jarum dapat menepel karena tarikan gaya magnet
·
Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi
·
Lemari mudah di geser dengan bantuan
keset/kain yang diletakkan di bawah lemari.
15. Siswa
mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya otot. Selanjutnya
siswa menjelaskan pengertia gaya otot dan pengaruh gaya otot terhadap benda.
16. Siswa
membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia
17. Dengan
berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan informasi-informasi baru dalam
teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat dan penggunaan tanda baca yang
benar. Hasil yang diharapkan:
·
Sikap percaya diri ketika melakukan percobaan
gaya sat berdiskusi
·
Pengetahuan dan keterampilan siswa dalam
membuat kesimpulan tentang pengertian gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
Catatan:
Kegiatan ini
digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentang KD IPA (3.3 dan 4.3) dan KD
Bahasa Indonesia (3.7 dan 4.7) . hasil kegiatan dapat digunakan sebagai data
bagi guru dan siswa untuk melihat keberhasilan pembelajaran dan tidak harus
masuk dalam buku nilai siswa.
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Bersama
sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti
4. Melakukan
penilaian hasil belajar
5.
Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk engakhiri kegiatan pembelajaran).
|
15 menit
|
G. Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku pedoman guru tema: Indahnya Keberagaman di
Negeriku Kelas 4 (Buku tematik terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kemetrian
pendidikan dan kebudayaan 2013)
2.
Buku siswa Tema: Indahnya Keberagaman di
Negeriku Kelas 4 (Buku tematik terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kemetrian
pendidikan dan kebudayaan 2013)
3.
Buku siswa, buku bacaan tentang suku bangsa di
indonesia, gambar-gambar yang berhubungan dengan gaya.
H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Menuliskan kata sulit dan pokok pikiran dalam
setiap paragraf teks
Bentuk
penilaian : Non Tes
Instrumen
Penilaian : Rubrik
KD Bahasa
Indonesia 3.7 dan 4.7
Aspek
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Mengidentifikasi penegertian
kata sulit dalam teks
|
Mengidentifikasi
pengertian lebih dari tiga kata sulit dalam teks
|
Mengidentifikasi
pengertian tiga kata sulit dalam teks
|
Mengidentifikasi
pengertian dua kata sulit dalam teks
|
Mengidentifikasi
pengertian satu kata sulit dalam teks
|
Keterampilan berbicara
|
Pengucapan kata-kata
secara keseluruhan jelas. Tidak mengguman dan dapat dimenegrti
|
Pengucapan kalimat
dibeberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
|
Pengucapan kalimat
tidak bagitu jelas tapi masih bisa dimengerti maksudnya oleh pendengar
|
Pengucapan kalimat
secara keseluruhan tidak jelas menggunam dan tidak dapat dimengerti
|
Keterampilan menyusun
pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan dan ejaan tepat
|
Menyusun pokok pikiran dalam
setiap paragraf dengan runtut dan ejaan tepat
|
Menyusun pokok pikiran
dalam setiap paragraf dengan runtut tetapi masih ada ejaan tidak tepat
|
Menyusun pokok pikiran
dalam setiap pargraf dengan ejaan tepat tetapi tidak runtut.
|
Menyusun pokok pikiran
dalam setiap paragraf tidak runtut dengan ejaan yang tepat.
|
2.
Melakukan pengamatan dan berdiskusi tentang
macam-macam gaya dan pengaruh gaya terhadap benda
Bentuk penilaian : Kinerja
Instrumen
Penilaian : Rubrik
KD IPA 3.3 dan
4.3
Aspek
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pengetahuan tentantang macam-macam gaya
yang bekerja pada suatu benda
|
Dapat menemukan 5 macam gaya yang bekerja
pada suatu benda
|
Dapat menemukan 4 atau
3 macam gaya yang bekerja pada suatu benda
|
Dapat menemukan 2 macam
gaya yang bekerja pada suatu benda
|
Dapat menemukan 1 macam
gaya yang bekerja pada suatu benda
|
Keterampilan berbicara saat berdiskusi
|
Pengucapan kata-kata secara keseluruhan
jelas. Tidak menggunakan dan dapat dimengerti
|
Pengucapan kata-kata di beberapa bagian
jelas dan dapat dimngerti
|
Pengucapan kata-kata tidak begitu jelas
tapi masih dapat dipahami maksudnya oleh pendengar.
|
Pengucapan kata-kata secara keseluruhan
tidak jelas menggunakan dan tidak dapat dimengerti
|
Mengetahui Blang
Manyak, 2019
Kepala Sekolah Guru
Kelas IV
Tidak ada komentar:
Posting Komentar