iklan

Senin, 15 Juli 2019

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains


Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains
No
Indikator Keterampilan Proses Sains
Skor
1
2
3
4
1.
Mengamati
Hanya melihat sekilas saja
Mengamati gerak kereta dinamo tetapi tidak mencatat hasil pengamatan
Mengamati gerak kereta dinamo dan mencatat hasil pengamatan tetapi kurang tepat
Mengamati gerak kereta dinamo dan mencatat hasil pengamatan secara tepat
2.
Mengelompokkan/klasifikasi
Tidak dapat melakukan klasifikasi
Melakukan klasifikasi data pengamatan tetapi belum tepat
Melakukan klasifikasi data pengamatan secara tepat tetapi belum terpisah untuk massa tetap dan gaya tetap
Melakukan klasifikasi data pengamatan secara tepat dan terpisah untuk massa tetap dan gaya tetap
3.
Menafsirkan
Tidak dapat menafsirkan hasil pengamatan
Menafsirkan hasil pengamatan tetapi tidak menghubungkan dengan hasil-hasil pengamatan
Menafsirkan hasil pengamatan dan menghubungkan dengan hasil-hasil pengamatan
Menafsirkan hasil pengamatan dan menghubungkan dengan hasil-hasil pengamatan dan menemukan pola dalam suatu seri pengamatan
4.
Mengajukan pertanyaan
Tidak mengajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan tetapi kurang sesuai
Mengajukan pertanyaan dengan bertanya apa, mengapa dan bagaimana tetapi belum mengarah pada pertanyaan berlatar belakang hipotesis
Mengajukan pertanyaan dengan bertanya apa, mengapa dan bagaimana serta mengarah pada pertanyaan berlatar belakang hipotesis
5.
Merumuskan hipotesis
Tidak bisa merumuskan hipotesis
Merumuskan hipotesis tetapi kurang sesuai dengan permasalahan dan tidak mengarah pada percobaan
Merumuskan hipotesis sesuai permasalahan dan mengarah pada percobaan
Merumuskan hipotesis sesuai permasalahan dan mengarah pada percobaan serta mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadiaan
6.
Merencanakan percobaan
Langkah-langkah percobaan yang disusun tidak urut
Langkah-langkah percobaan disusun urut tetapi tidak mengakomodasi variabel yang akan di ukur
Langkah-langkah percobaan disusun urut, mengakomodasi variabel yang akan di ukur tetapi tidak mudah dipahami
Langkah-langkah percobaan disusun urut, mengakomodasi variabel yang akan di ukur dan mudah dipahami
7.
Menggunakan alat dan bahan
Tidak mengetahui cara menggunakan alat dan bahan
Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan tetapi tidak mengetahui alasan menggunakan alat dan bahan
Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan, mengetahui alasan menggunakan alat dan bahan tetapi tidak mampu merangkai alat dan bahan sesuai percobaan
Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan, mengetahui alasan menggunakan alat dan bahan serta mampu merangkai alat dan bahan sesuai percobaan
8.
Menerapkan konsep
Tidak mampu menerapkan konsep yang dipelajari sebelumnya dengan baik
mampu menerapkan konsep yang dipelajari sebelumnya dengan baik tetapi tidak bisa menggunakan dalam situasi baru
mampu menerapkan konsep yang dipelajari sebelumnya dengan baik dalam situasi baru tetapi tidak dapat menjelaskan apa yang sedang terjadi
mampu menerapkan konsep yang dipelajari sebelumnya dengan baik dalam situasi baru dan dapat menjelaskan apa yang sedang terjadi
9.
Berkomunikasi
Penyampaian hasil percobaan tidak mudah dipahami
Penyampaian hasil percobaan kurang  bisa dipahami dan tidak berdasarkan diskusi hasil kegiatan
Penyampaian hasil percobaan mudah dipahami dan berdasarkan diskusi hasil kegiatan tetapi tidak menggambarkan data empiris hasil percobaan
Penyampaian hasil percobaan mudah dipahami dan berdasarkan diskusi hasil kegiatan serta menggambarkan data empiris hasil percobaan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan Komik Menurut Rohani (1997:21) Media komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami,...