Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains
No
|
Indikator
Keterampilan Proses Sains
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Mengamati
|
Hanya melihat sekilas saja
|
Mengamati gerak kereta dinamo tetapi tidak
mencatat hasil pengamatan
|
Mengamati gerak kereta dinamo dan mencatat hasil
pengamatan tetapi kurang tepat
|
Mengamati gerak kereta dinamo dan mencatat
hasil pengamatan secara tepat
|
2.
|
Mengelompokkan/klasifikasi
|
Tidak dapat melakukan klasifikasi
|
Melakukan klasifikasi data pengamatan tetapi belum tepat
|
Melakukan klasifikasi data pengamatan secara tepat tetapi belum terpisah
untuk massa tetap dan gaya tetap
|
Melakukan klasifikasi data pengamatan secara tepat dan terpisah untuk
massa tetap dan gaya tetap
|
3.
|
Menafsirkan
|
Tidak dapat menafsirkan hasil pengamatan
|
Menafsirkan hasil pengamatan tetapi tidak menghubungkan dengan
hasil-hasil pengamatan
|
Menafsirkan hasil pengamatan dan menghubungkan dengan hasil-hasil
pengamatan
|
Menafsirkan hasil pengamatan dan menghubungkan dengan hasil-hasil
pengamatan dan menemukan pola dalam suatu seri pengamatan
|
4.
|
Mengajukan pertanyaan
|
Tidak mengajukan pertanyaan
|
Mengajukan pertanyaan tetapi kurang sesuai
|
Mengajukan pertanyaan dengan bertanya apa, mengapa dan bagaimana tetapi
belum mengarah pada pertanyaan berlatar belakang hipotesis
|
Mengajukan pertanyaan dengan bertanya apa, mengapa dan bagaimana serta
mengarah pada pertanyaan berlatar belakang hipotesis
|
5.
|
Merumuskan hipotesis
|
Tidak bisa merumuskan hipotesis
|
Merumuskan hipotesis tetapi kurang sesuai dengan permasalahan dan tidak
mengarah pada percobaan
|
Merumuskan hipotesis sesuai permasalahan dan mengarah pada percobaan
|
Merumuskan hipotesis sesuai permasalahan dan mengarah pada percobaan
serta mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu
kejadiaan
|
6.
|
Merencanakan percobaan
|
Langkah-langkah percobaan yang disusun tidak urut
|
Langkah-langkah percobaan disusun urut tetapi tidak mengakomodasi
variabel yang akan di ukur
|
Langkah-langkah percobaan disusun urut, mengakomodasi variabel yang akan
di ukur tetapi tidak mudah dipahami
|
Langkah-langkah percobaan disusun urut, mengakomodasi variabel yang akan
di ukur dan mudah dipahami
|
7.
|
Menggunakan alat dan bahan
|
Tidak mengetahui cara menggunakan alat dan bahan
|
Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan tetapi tidak mengetahui alasan
menggunakan alat dan bahan
|
Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan, mengetahui alasan menggunakan
alat dan bahan tetapi tidak mampu merangkai alat dan bahan sesuai percobaan
|
Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan, mengetahui alasan menggunakan
alat dan bahan serta mampu merangkai alat dan bahan sesuai percobaan
|
8.
|
Menerapkan konsep
|
Tidak mampu menerapkan konsep yang dipelajari sebelumnya dengan baik
|
mampu menerapkan konsep yang dipelajari sebelumnya dengan baik tetapi
tidak bisa menggunakan dalam situasi baru
|
mampu menerapkan konsep yang dipelajari sebelumnya dengan baik dalam
situasi baru tetapi tidak dapat menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
mampu menerapkan konsep yang dipelajari sebelumnya dengan baik dalam
situasi baru dan dapat menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
9.
|
Berkomunikasi
|
Penyampaian hasil percobaan tidak mudah dipahami
|
Penyampaian hasil percobaan kurang
bisa dipahami dan tidak berdasarkan diskusi hasil kegiatan
|
Penyampaian hasil percobaan mudah dipahami dan berdasarkan diskusi hasil
kegiatan tetapi tidak menggambarkan data empiris hasil percobaan
|
Penyampaian hasil percobaan mudah dipahami dan berdasarkan diskusi hasil
kegiatan serta menggambarkan data empiris hasil percobaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar